radar bogor

Memasuki Tahun Ajaran Baru, Pengusaha Mebel di Bogor Banjir Pesanan

Pengusaha mebel, Muhyi merangkai pesanan bangku dan meja untuk sekolah-sekolah memulai tahun ajaran baru, Cifor, Bogor Barat, Senin (10/7). (Radar Bogor/Sofyansyah)

BOGOR-RADAR BOGOR, Tahun ajaran baru jadi waktu yang ditunggu-tunggu oleh Muhyi. Bukan karena ia ingin mendaftarkan anaknya sekolah. Momen ini justru jadi ajang ia meraup banyak untung. Pesanan mebel banyak diraihnya di waktu ini, jumlahnya bahkan meningkat secara signifikan.

Di saat banyak orang tua sibuk dan pusing dengan carut marut Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Muhyi justru tengah sibuk memalu dan merangkai bilah-bilah kayu yang sudah dipotongnya.

Baca Juga: Status Sekolah Favorit, Tingkat Kecurangan PPDB Semakin Tinggi

Kayu-kayu itu sudah diukur dengan teliti. Setiap centimeternya amat diperhatikan supaya kursi dan meja yang dihasilkan betul-betul presisi dan nyaman digunakan.

Meja dan kursi buatannya itu hasil pesanan sekolah-sekolah yang ada di wilayah Bogor. Diakuinya, pesanan set kursi dan meja belajar memang selalu meningkat di momen tahun ajaran baru.

“Alhamdulillah tahun ini dapat pesanan dari sekolah di Salabenda. Ada sekira 32 set pesanan bangku sekolah. Pesanan rutin datang menjelang tahun ajaran baru untuk memenuhi kegiatan belajar mengajar,” ucapnya.

Kualitas kursi dan meja hasil tangan Muhyi memang sudah diakui SD dan TK di sekitar toko mebelnya yang berlokasi di Jalan Cifor, Kecamatan Bogor Barat. Hampir setiap semester, ia mendapat pesanan dari sekolah-sekolah itu.

Baca Juga: Wandik Kabupaten Bogor Usulkan Biaya Wisuda Sekolah Dari APBD

“Usaha ini sudah saya rintis sejak tahun 2000. Saya menggunakan bahan kayu meranti supaya awet. Kalau di luar tahun ajaran biasanya bikin kusen, pintu, atau produk kayu lainnya,” tutur pria asal Sumedang itu.(*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto