25 radar bogor

2.981 Guru Honorer Kabupaten Bogor Diangkat Jadi PPPK

pppk bogor pelantikan zer
Sebanyak 2.981 guru honorer di Kabupaten Bogor resmi diangkat menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).(Radar Bogor/Hendi Novian)

CIBINONG-RADAR BOGOR, Sebanyak 2.981 guru honorer di Kabupaten Bogor resmi diangkat menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Hal itu setelah Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan membagikan Surat Keputusan (SK) pengangkatan PPPK Guru hasil seleksi Tahun 2022 di Lapangan Tegar Beriman Cibinong, Rabu (5/7).

Baca Juga: Ratusan Guru PPPK di Citeureup Dilantik, Camat Ingatkan Kasus Pelajar Bakar Sekolah

Iwan mengatakan, Pemkab Bogor telah mengangkat sebanyak 5.420 guru honorer menjadi PPPK sejak 2019 lalu. Dengan rincian, tahun 2019 sebanyak 1.115 guru, tahun 2021 sebanyak 1.324 guru, dan tahun 2022 sebanyak 2.981 guru.

“Hari ini kita seharusnya melantik 2.982 guru yang sudah diusulkan sejak 2022 kemarin untuk diangkat menjadi PPPK, tetapi karena ada satu orang yang gugur. Hari ini kita hanya melantik 2.981 guru,” ungkapnya.

Meski begitu, menurutnya pengangkatan guru honorer menjadi PPPK tahun ini merupakan yang terbanyak di Indonesia.

Dengan jumlah penduduk yang juga terbesar di Indonesia, pengangkatan ini salah satu upaya optimalisasi layanan pendidikan di Kabupaten Bogor. Bahkan tahun 2023 ini, pihaknya akan kembali merekrut PPPK formasi fungsional guru sebanyak 2.909 guru.

“Mudah-mudah di tahun 2024 pejabat Bupati dapat melantik 2.909 guru PPPK. Dan untuk syarat menjadi PPPK itu minimal 5 tahun sudah menjadi guru honor dan nantinya akan diprioritaskan menjadi PPPK,” jelasnya.

Kepada guru yang telah diangkat, Plt. Bupati meminta agar membuktikan dengan kinerja dan pengabdian yang optimal kepada masyarakat.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Juanda Dimansyah menjelaskan, total fungsional guru yang dilantik menjadi PPPK Guru sebanyak 2.981 dengan rincian Guru SDN sebanyak 2.751 pegawai dan Guru SMPN sebanyak 230 pegawai.

“Terima Kasih kepada Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan yang telah berkenan menyerahkan Surat Keputusan Bupati Bogor Tentang Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Jabatan Fungsional Guru Formasi Tahun 2022 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bogor,” katanya.

Baca Juga: Nomor Misterius Kabarkan Kondisi Pengantin Baru yang Hilang di Rancabungur

Di tempat yang sama, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKSDM Kabupaten Bogor, Irwan Purnawan menyatakan, PPPK Guru sama halnya seperti Aparatur Sipil Negara (ASN) pada umumnya dalam hal hak mendapatkan tunjangan.

“PPPK dengan ASN itu sama, tunjangan mereka dapat, jenjang karir juga mereka bisa dapat dengan cara ikut open bidding, yang membedakan hanya di pensiunan saja. Tenaga PPPK tidak mendapatkan uang pensiun seperti ASN,” tukasnya.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto