25 radar bogor

Tiket Gratis Kereta Cepat Jakarta Bandung, Catat Syaratnya

Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung
Kereta Cepat Jakarta Bandung

JAKARTA-RADAR BOGOR, Pemerintah berencana akan memberikan sejumlah tiket gratis kereta cepat Jakarta,  Bandung untuk masyrakat umum, program tersebut akan berlangsung selama 3 bulan kedepan, tepatnya akan dimulai sejak 18 Agustus hingga Oktober mendatang.

Baca Juga : Jalur Rel Dipastikan Aman, Kereta Bogor-Sukabumi Kembali Beroperasi, tapi…

Budi menyebutkan, promo tersebut akan dilakukan terhitung dari 18 Agustus sampai dengan Oktober. Nantinya mereka yang berhak akan melakukan pendaftaran secara mandiri mulai 1 Agustus 2023. “Terutama mereka-mereka yang berdekatan itu dan tokoh-tokoh. Mekanismenya nanti orangnya mendaftar, kira-kira awal Agustus,” kata Menhub Budi kepada awak media.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan, kriteria masyarakat yang berhak memperoleh tiket gratis kereta cepat pada masa promo atau masa soft operation merupakan tokoh maupun masyarakat yang tinggal di sekitar Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Selanjutnya, Juru bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, tiket gratis kereta cepat akan diberikan kepada para influencer, pengamat, komunitas, hingga wartawan.

Menurut Adita, profesi tersebut dipilih karena dapat membantu KCIC untuk mensosialisasikan kepada masyarakat luas. “Yang utama sih kita lihat yang bisa membantu mensosialisasikan KCIC, termasuk temen-temen media, para influencer, pengamat, komunitas itu,” ungkapnya.

Terkait pendaftaran secara mandiri mulai awal Agustus mendatang, Adita menjelaskan bahwa hingga kini hal tersebut masuh dibahas bersama stakeholder terkait. Meliputi, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, dan KCIC.

Adapun ketentuan pendaftaran lebih lanjut terkait tiket gratis untuk masyarakat akan ditetapkan bersama-sama. “Itu nanti akan ditetapkan bersama kan, di KCIC stakeholder nya banyak, ada Kemenhub, Kemenko Marves, Kemenko BUMN, ada dari KCIC sendiri jadi nanti akan tetapkan bersama,” ucapnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan syarat untuk mendapatkan tiket KCJB gratis, yaitu warga yang bertempat tinggal di daerah sekitar jalur rel KCJB. Dia pun membocorkan terkait waktunya, yakni mulai dari 18 Agustus hingga Oktober.

“Dari 18 Agustus hingga Oktober gratis, didahulukan untuk warga yang ada di jalur kereta cepat ini. Nanti akan diatur keadilan mendapatkan tiketnya seperti apa,” kata Ridwan Kamil, beberapa waktu lalu.

Baca Juga : Libur Panjang Iduladha, KAI Catat 703.431 Tiket Sudah Ludes Terjual

Dihimpun dari beberapa sumber disebutkan bahwa kuota tiket gratis Kereta Cepat Jakarta-Bandung hanya untuk 600 orang. Adapun pelaksanaan uji coba gratis untuk masyarakat akan digelar usai Presiden Joko Widodo menjajal langsung transportasi tercepat itu. Direncanakan Presiden Jokowi akan menjajal kereta cepat Jakarta Bandung pada akhir Juli mendatang. (JPG)

Editor : Yosep/Fauzan PKL