25 radar bogor

Bangun Lapangan di Kelurahan Genteng, Mirip Taman Manunggal

GOM Manunggal
Warga berolahraga di lapangan mini soccer GOM Taman Manunggal, Kota Bogor. (Radar Bogor/ Sofyansyah)

BOGOR-RADAR BOGOR, Lapangan sepak bola bakal kembalu bertambah di Kota Bogor. Bahkan, digadang-gadang yang mengusung konsep serupa dengan Taman Manunggal.

Rencananya, lapangan sepak bola itu untuk menyatukan antara sarana prasarana olahraga dan taman di wilayah Genteng, Kelurahan Genteng, Kecamatan Bogor Selatan. Lantaran konsep Gelanggang Olahraga Masyarakat (GOM) sudah dibangun sebelumnya di kecamatan yang sama.

Baca Juga: Muhammadiyah Gelar Salat Iduladha di Lapangan Sempur

Hal itu seperti diungkapkan Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim. Pemkot Bogor tengah berupaya berinvestasi bibit baru para pemain sepak bola muda yang nantinya diharapkan dapat berkiprah di dunia persepakbolaan.

“Maka dimulai dengan pembangunan, lapangan-lapangan bola, Insyaallah tahun depan kita perbaiki (Lapangan Genteng). Kita bikin seperti di Manunggal agar bisa dipakai sejak pagi sampai malam,” janji Dedie, Minggu (2/7).

Menurut dia, perbaikan lapangan sepak bola tentunya dapat memotivasi para pemain. Apalagi, kendala cuaca juga takkan banyak berpengaruh untuk lapangan baru tersebut.

“(Ketika) hujan dan panas kan sama jika lapangan sepak bola jenis sintetis,” ucap dia.

Dedie berharap, kompetisi olahraga tersebut dapat merata di Kota Bogor dengan adanya lapangan-lapangan baru.

“Ketika lapangan dibangun secara merata di setiap kecamatan, lapangan GOR direvitalisasi, di situlah akan ada satu mekanisme kompetisi berjenjang, klub dan umum nanti kita bina,” terangnya.

Tahun ini, pembangunan lapangan itu baru dalam tahap Feasibility Study (FS) dan Detail Engineering Design (DED). Prosesnya bersamaan dengan lapangan sepak bola yang ada di lingkungan Kantor Pusat Pemerintahan Baru, Kecamatan Bogor Timur.

Ia memperkirakan, pembangunan taman dengan anggaran dari APBD kota Bogor menghabiskan kisaran Rp4-5 miliar dan direalisasikan pada tahun 2024.

“Kalau sudah dianggarkan, tahun depan butuh waktu 7-8 bulan untuk pembangunan. Setelah itu Taman Genteng bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berolahraga,” katanya.

Karena berkonsep taman, Taman Genteng tersebut nantinya akan memiliki fasilitas seperti foodcourt, lahan parkir, tribun, area bermain anak dan jogging track.

Namun, besar lapangan tidak akan dikurangi dari lapangan semula. Sebab lapangan milik masyarakat Kelurahan Genteng sudah terbiasa dipakai untuk pertandingan sepak bola.

Baca Juga: GOM Manunggal Usung Konsep Sportainment, Ramah Anak dan Lansia

“Besar lapangan insyaallah kita akan dorong untuk lebih besar daripada Taman Manunggal, karena di lapangan ini biasa dipakai untuk 11 lawan 11, meskipun tidak standar FIFA, kita akan kombinasikan antara taman dan lapangan sepak bola,” jelas Dedie.

Selain itu, Kecamatan Bogor Barat juga akan memiliki sarana olahraga serupa, tepat di samping Gereja Kristen Indonesia (GKI).

“Lahannya sudah siap, DED sudah siap, tapi kan uangnya besar (untuk GOR Bogor Barat) karena kontur tanahnya,” tekan Dedie.(*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto