25 radar bogor

Bus Tak Laik Jalan Kerap Mogok di Puncak, Polisi Lakukan Ini

Polisi mengatur lalu lintas di lokasi bus yang mogok karena masalah mesin, Kamis (29/6). (Radar Bogor/Arif Al Fajar)

MEGAMENDUNG-RADAR BOGOR, Selama libur iIduladha, banyak bus tak laik jalan masuk kawasan Puncak, kabupaten Bogor.

Baca Juga : Bus Mogok di Puncak, Sempat Meledak dan Penumpang Panik Berhamburan

Tercatat ada tiga bus yang mengalami masalah saat melintas di Jalur Puncak. Mulai dari rem blong hingga mogok.

Untuk itu, Satlantas Polres Bogor melakukan inspeksi keselamatan lalulintas angkutan jalan. Melakukan ramp check pada Jumat (30/6/2023) dan Sabtu (31/6/2023).

“Kami akan melakukan ramp check kendaraan yang masuk Puncak. Agar kendaraan yang masuk laik jalan dan tidak terjadi trouble,” kata KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ardian Novianto kepada Radar Bogor Jumat (30/6/2023).

Kata dia, kendaraan yang tidak laik jalan, akan. Diminta putar balik. Sedangkan untuk kendaraan yang lain jalan, bisa melanjutkan perjalanan.

“Ini agar tidak ada lagi kendaraan yang mogok atau mengalami masalah rem blong di jalan raya puncak selama libur iduladha ini,” paparnya.

Ardian pun tak henti-hentinya mengingatkan agar masyarakat maupun pemilik PO Bus untuk memastikan kendaraanya laik jalan sebelum melakukan perjalanan ke kawasan puncak.

Diberitakan sebelumnya, libur iduladha 1444 Hijriyah, banyak bus diduga tak laik jalan nekat melintas jalan raya puncak, Kabupaten Bogor.

Radar Bogor mencatat, ada tiga bus yang mengalami masalah saat melintas jalan raya puncak. Baik itu bus pariwisata maupun bus antar kota.

Pertama, Bus pariwisata Mogok di tanjakan selarong, kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor pada Senin kemarin.

Kedua, bus antar kota Tasik-jakarta alami rem blong di Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor pada Rabu (28/6/2023).

Ketiga, sebuah bus pariwisata bernomor polisi B 761 IG yang mengangkut rombongan anak-anak meledak dan mogok di Jalan Raya Puncak Megamendung, Kabupaten Bogor pada Kamis (29/6/2023). (all)

Reporter : Arifal
Editor : Yosep