25 radar bogor

KORMI Kota Bogor Gelar Pelatihan Juri dan Wasit

kormi
Pembukaan pelatihan juri dan wasit KORMI Kta Bogor. (IST)

BOGOR-RADAR BOGOR, Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Kota Bogor mengadakan pelatihan wasit dan juri yang berlangsung di Institut Bisnis dan Informatika (IBIK) Kesatuan, Kota Bogor, Rabu (21/6/2023). 

Adapun pelatihan  ini diikuti 50 orang. Terdiri atas tenaga pendidik, dan guru olahraga serta pengurus KORMI Kota Bogor.

Ketua Umum KORMI Kota Bogor, Zaenul Mutaqin mengatakan, olahraga tradisional merupakan salah satu kearifan lokal budaya asli bangsa Indonesia yang sudah ada sejak dulu. Sehingga perlu terus dilestarikan dan ditanamkan kepada generasi penerus.

Baca Juga : Peringati Haornas, KORMI Kota Bogor Gelar Senam Massal Hingga Tebar Kadeudeuh Atlet

“Pelatihan ini penting untuk melestarikan olahraga tradisional, yang merupakan aset budaya bangsa. Nantinya, peserta mendapatkan sertifikat, dan bisa melakukan sosialisasi kepada para murid, dan warga agar mereka meminati olahraga tradisional,” ujarnya usai membuka pelatihan.

ZM-sapaan karibnya-meminta para wasit dan juri bisa meningkatkan kualitas dan keterampilan diri. Sehingga dapat bertugas secara optimal dan profesional di lapangan.

“Peran yang tak kalah penting bapak-ibu sekalian, juga sebagai penunjang peningkatan kualitas SDM dan kemajuan olahraga tradisional,” ungkapnya.

“Dengan adanya pelatihan ini, jadikan sebagai sarana pembelajaran bagi para wasit dan juri untuk memberikan efek positif dalam perkembangan serta peningkatan dunia keolahragaan tradisional di Kota Bogor,” imbuh ZM. 

Sementara itu, Kadispora Kota Bogor, Herry Karnadi mengapresiasi program KORMI yang mengadakan pelatihan wasit dan juri. Menurut dia, pelatihan ini penting dilakukan untuk memberi kesempatan, dan menambah pengetahuan dan wawasan di bidang perwasitan dan penjurian.

“Melalui kegiatan ini, saya berharap dapat menumbuhkan dan memberikan semangat kepada masyarakat serta mendorong generasi muda untuk berperan aktif mengembangkan keberadaan olahraga tradisional khususnya yang ada di Kota Bogor, ” kata Herry. (rur)

Editor : Ruri Ariatullah