25 radar bogor

Desa Pabuaran Sukses Ubah Sampah Menjadi Pupuk Cair Organik

Desa Pabuaran

BOGOR-RADAR BOGOR, Perangkat Desa Pabuaran, Kecamatan Kemang, bersama Universitas Nusa Bangsa, menyelenggarakan kegiatan penyuluhan dan pelatihan terkait pengelolaan sampah dari rumah dan inovasi pupuk cair organik.

Baca Juga : Tingkatkan Edukasi, Laboratorium Biologi UNB Kembali Gelar Diskusi Sains

Kegiatan tersebut mengambil inovasi yang diusungkan dengan nama “Inovasi Puncak Kangen” yaitu Pupuk Cair Organik Kampung Tengah.

Inovasi ini dilatarbelakangi karena masalah sampah di Kampung Tengah, Desa Pabuaran yaitu tidak adanya tempat pembuangan sampah (TPS) atau pun pengelolaan sampah, serta banyaknya warga yang membuang sampah di pinggiran sungai.

Melihat hal ini sebagai langkah awal untuk pengelolaan sampah yang dapat dimulai dari rumah, petugas dan penyelenggara melakukan penyuluhan terkait Bank Sampah. Penyuluhan dilaksanakan di Aula SDN Pabuaran 03 yang di hadiri RW 04 Kampung Tengah, Desa Pabuaran beserta perangkatnya dan warga yang aktif dalam kegiatan RW.

Penyuluhan diberikan kepada warga aktif serta telah memberikan sumbangsih dalam pelaksanaan pembangunan di lingkungan RW 04 Kampung Tengah, Desa Pabuaran.

Fokus saat ini yaitu bagaimana cara pengolahan sampah di Kampung Tengah. Sehingga, jumlah sampah yang ada di tidak terus bertambah serta menimbulkan banyak penyakit dikemudian hari.

Adanya produk ‘Puncak Kangen’ ini juga diharapkan menjadi salah satu solusi untuk pengolahan sampah dari rumah. Selain dapat mengurai jumlah sampah pada kampung tersebut, Produk ini dapat digunakan oleh masyarakat sekitar menjadi pupuk alami sehingga hasil tani yang diperoleh lebih baik. (*)

Editor : Yosep