25 radar bogor

Virus LSD Sudah Masuk Kota Bogor, 150 Sapi Divaksin

Virus LSD
Sebagai langkah pencegahan meluasnya virus LSD, DKPP Kota Bogor menggelar vaksinasi di kompleks peternakan sapi Kebon Pedes, Kecamatan Tanah Sareal Rabu (14/6/2023). REKA/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Virus LSD (Lumpy Skin Disease), dilaporkan sudah masuk ke Kota Bogor sejak tiga pekan lalu. Berdasarkan data dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), ada sekitar 30 sapi terjangkit penyakit ini.

Baca Juga : Daging Sapi Terkonfirmasi LSD Aman Dikonsumsi, Masyarakat Diimbau Tidak Panik

“Dari sekira 30 sapi yang dilaporkan terjangkit virus LSD ini, 50 persennya sudah sembuh. Kami bergerak cepat agar penyakit ini tidak meluas,” ucap Kepala Bidang Peternakan DKPP Kota Bogor, drh. Anizar.

Ya, sebagai langkah pencegahan, DKPP Kota Bogor menggelar vaksinasi di kompleks peternakan sapi Kebon Pedes, Kecamatan Tanah Sareal Rabu (14/6/2023).

drh Anizar mengatakan, vaksinasi tersebut merupakan kali kedua yang telah dilaksanakan pihaknya. Pada vaksinasi kali ini, pihaknya menargetkan sebanyak 150 sapi jadi sasaran.

Sapi dan kerbau yang terjangkit virus LSD akan mengalami kulit berbenjol di bagian paha, badan, dan leher. Kondisi ini membuat harga sapi turun dan pada sejumlah kasus produksi susu menurun.

Namun Anizar menegaskan, penyakit ini tidak menular pada manusia dan daging sapi yang terkonfirmasi virus LSD aman dikonsumsi. Tingkat kematian penyakit LSD sangat rendah jika dibandingkan dengan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

“Tingkat kematian hanya 10 persen. Langkah pengobatan dilakukan dengan mengobati gejala yang timbul seperti mengobati demam, imun, antibiotik, dan obat kerusakan kulit,” jelas Anizar.

Ia berharap, langkah vaksinasi bisa memutus mata rantai penyebaran virus LSD dan membuat rasa aman pada masyarakat, serta mengurangi kerugian yang diderita peternak.

Ketua Kelompok Peternak Bondes, Kohar bersyukur atas langkah antisipasi yang digencarkan pihak DKPP. Sebab ia merasa fenomena LSD cukup membuat peternak khawatir.

Baca Juga : H-4 Lebaran, Daging Sapi di Pasar Cileungsi Tembus Rp160 Ribu

“Mengingat wabah PMK yang sempat kami rasakan cukup mematikan. Kami juga khawatir karena katanya sapi yang terkonfirmasi LSD harganya turun 45 persen dan membuat pembeli ragu,” ucapnya. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep