25 radar bogor

Pesilat Muda Kabupaten Bogor Borong Enam Medali Kejurda

pencak silat
Para atlet pencak silat muda Kabupaten Bogor. (IST)

BANDUNG-RADAR BOGOR, Dari empat finalis Pesilat Muda yang berlaga dalam Kejuaraan Daerah (Kejurda) Pelajar Se Jawa Barat, IPSI Kabupaten Bogor Berhasil membawa 2 emas, 2 Perak dan 2 Perunggu, Minggu (11/6/2023) di Gor Tri Lomba Juang Bandung.

Final pertama yang berlaga untuk Kabpaten Bogor di Kelas F Putra, Pesilat muda Muhammad Farid Sayidi yang melawan pesilat muda Kabupaten Bekasi, Gian Syach Firdan berlangsung dramatis. Farid yang bertanding dengan performa yang sangat baik bahkan poinnya jauh dibanding lawannya hingga babak ketiga.

Namun sayang, ketika memasuki menit ke 20 babak ke 3, Farid mengalami cidera serius di bagian dengkulnya setelah mendapat serangan Guntingan dari lawannya, sehingga tidak mampu melanjutkan pertandingan. Padahal, point saat itu Farid mengumpulkan 32, sedangkan lawannya hanya mendapatkan point 12. “Farid sudah bermain sangat bagus, tapi belum rezekinya untuk meraih emas. Insyaallah tahun depan bisa mendapaykan emas,” kata Pelatih Kepala IPSI Kabbupaten Bogor, Endat Hudatul Mutaqien.

Baca Juga : Gedung Pusat Budaya Pencak Silat di Kiara Payung Diharapkan Jadi Venue Even Silat Internasional 

Dilaga Final Kedua pesilat muda Putri yang turun di kelas B Azhalia Azhari, yang bertanding melawan pesilat muda Kabupaten Bandung Fenanda Rizkiya Putri berlangsung sangat sengit, kejar kejaran point dari babak pertama terjadi. Hingga di akhir babak ketiga, kedua pesilat berhasil mengumpulkan 20 point sama. Namun, Azhalia Putri, lebih banya mendapatlan binaan dari wasit dan akhirnya harus puas mendapatkan perak.

Dilaga berikutnya, finasilis pesilat muda IPSI Kabupaten Bogor di kelas C Putra Muhammad Gading Hidayaf yang berlaga di gelanggang B, bersamaan dengan pesilat Muda Kabupaten Bogor Taqi Islami Wafa Purnomo yang berlaga di kelas F Putra di gelanggang A. kedua pesilat bertanding di waktu yang sama.

Gading yang melawan pesilat muda asal Kota Cimahi, Davin Zidan Muhammad Khaliq berlangsung seru. Kedua pesilat muda ini menampilkan perfmainnya terbaiknya. Poiny saling kejar-kejaran dari babak petama hingga ketiga. Namun, di detik-detik akhir babak ketiga, gading berhasil mengumpulkan point 27, sedangkan lawannya 21.

Sedangkan Gelanggang A, Taqi Islami Wafa Purnomo yang sedang berjibaku melawan pesilat muda dari kabupaten Bekasi, Muhammad Rizki Nur Fauzan berhasil menang telak dengan mengumpulkan point 57 sedangkan lawannya hanya mengumpulkan 38.

Baca Juga : Pengurus IPSI Kota Bogor Dilantik, Usung Target Ini di Porprov Jabar 2022

Wafa yang sejak babak pertama bermain dengan spesialisasinya tendangan T dan bantingan mampu mengamankan point kendati lawannya terus berusaha melakukan jatuhan namun, selalu bunuh diri.

Pelatih Kepala IPSI Kabbupaten Bogor,Endat Hudatul Mutaqien mengatakan, dari 10 pesilat yang berlaga di kejurda pelajar, IPSI Kabupaten Bogor berjasil mengumpulkan 2 emas, 2 perak dan 2 perunggu. “Sebenarnya kita bisa mendapatkan emas, namun Farid dan Azhalia putri kurang beruntung. Farid cidera dan Azhari point yang sama namun kalah di binaan wasit,” jelasnya.

Para pesilat muda ini akan terus di bina oleh IPSI Kabupaten Bogor, supaya bisa mendapatkan prestasi yang lebih baik. “Hasil ini, sangat memuaskan, semoga kedepannya bisa lebih baik lagi,” harapnya. (*/rur)

Editor : Ruri Ariatullah