25 radar bogor

WhatsApp Kenalkan Fitur Channel, Ini Fungsi dan Kegunaannya

ilutrasi chatbot whatsapp
ilutrasi chatbot whatsapp

JAKARTA-RADAR BOGOR, WhatsApp baru saja memperkenalkan fitur Saluran atau Channel. Seperti namanya, fitur ini diklaim sebagai sebuah cara simpel, andal, dan privat yang dapat digunakan untuk menerima info terkini dari orang-orang dan organisasi, langsung di dalam WhatsApp.

Baca Juga : Cara Memulihkan Chat yang Terhapus di GB WhatsApp Prima

“Kami tengah membuat Saluran di tab baru yang disebut Pembaruan – tempat Anda akan menemukan Status dan saluran yang Anda pilih untuk diikuti – terpisah dari obrolan Anda dengan keluarga, teman, dan komunitas,” jelas pihak WhatsApp melalui keterangannya.

Saluran adalah fitur siaran satu arah bagi admin untuk mengirim teks, foto, video, stiker, dan polling. Untuk membantu Anda memilih saluran yang ingin diikuti, kami membuat direktori yang dapat dicari tempat Anda dapat menemukan hobi, tim olahraga, informasi terbaru dari otoritas setempat, dan banyak lainnya.

Tak hanya itu saja, pengguna juga dapat mengikuti sebuah saluran dari tautan undangan yang dikirim oleh teman mereka. Misalnya, tautan bisa dikirim via chat, email, atau di-posting secara online.

“Kami memiliki visi untuk membangun layanan siaran yang paling privat. Langkah ini dimulai dengan melindungi informasi pribadi admin dan pengikut. Sebagai admin saluran, nomor telepon dan foto profil Anda tidak akan ditampilkan kepada pengikut,” lanjut pihak WhatsApp.

Demikian sebaliknya, nomor telepon pengguna juga diklaim tidak akan diungkapkan kepada admin dan pengikut lainnya ketika Anda mengikuti sebuah saluran. Siapa pun yang Anda ikuti disebut merupakan keputusan pribadi Anda sepenuhnya.

“Sama halnya dengan cara kami membuat proses berkirim pesan, kami yakin bahwa pembaruan dalam Saluran tidak harus selalu ada selamanya. Jadi, kami hanya akan menyimpan riwayat saluran di server hingga 30 hari dan kami akan menambahkan cara untuk menghilangkan pembaruan lebih cepat dari perangkat pengikut. Admin juga akan memiliki opsi untuk memblokir tangkapan layar dan pesan yang diteruskan dari saluran mereka,” kata pihak WhatsApp menambahkan.

Terakhir, WhatsApp juga akan memberikan kemampuan kepada admin untuk memutuskan siapa saja yang dapat mengikuti saluran mereka dan apakah mereka ingin saluran mereka dapat ditemukan di direktori atau tidak.

Mengingat bahwa tujuan Saluran adalah untuk menjangkau audiens yang luas, saluran tidak dienkripsi end-to-end secara default. WhatsApp mengklaim ada beberapa kasus di mana saluran terenkripsi end-to-end untuk audiens terbatas mungkin dapat diterapkan, seperti organisasi nirlaba atau organisasi kesehatan, dan juga WhatsApp sedang menjajaki hal ini sebagai opsi di masa depan.

Kemudian, untuk memulai Saluran, WhatsApp juga memastikan akan bekerja sama dengan suara-suara global terkemuka dan organisasi pilihan di Kolombia dan Singapura, tempat Saluran pertama kali akan tersedia, untuk membuat, mempelajari, dan mengadaptasi pengalaman tersebut.

Dalam beberapa bulan mendatang, WhatsApp juga akan memperluas kehadiran Saluran ke lebih banyak negara dan memberikan kemampuan kepada siapa pun untuk membuat saluran. (jpg)

Editor : Yosep