25 radar bogor

DPRD Bakal Panggil Sentul City, Imbas Banjir Lumpur di Karang Tengah

CIBINONG-RADAR BOGOR, Pemerataan tanah yang dilakukan PT Sentul City dituding berdampak pada banjir lumpur yang merugikan belasan warga Desa Karang Tengah, Babakan Madang.

Akibat kejadian tersebut, Komisi III DPRD Kabupaten Bogor bakal memanggil pihak perusahaan untuk meminta pertanggungjawaban.

Baca Juga: Warga Karang Tengah Diterjang Banjir Lumpur, Dekat Aktivitas Sentul City

“Kita sudah terima laporannya, dan sudah berkomunikasi dengan kepala desa setempat. Memang ini disebabkan aktivitas pendoseran lahan yang dilakukan sentul city beberapa waktu lalu,” ujar Wakil Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bogor, Robinton Sitorus, Jumat (9/6).

Selain itu, DPRD Kabupaten Bogor juga akan berkoordinasi dengan dinas terkait untuk menyelidiki proses izin lingkungan yang dimiliki perusahaan.

Menurutnya, analisis dampak lingkungan (amdal) harus dimiliki perusahaan saat akan melakukan aktivitas, terutama ketika dekat dengan permukiman warga.

“Mungkin saat hujan turun di luar prediksi mereka( PT Sentul City), tapi apa tanggung jawab perusahaan yang diberikan kepada warga terdampak. Kami akan berkoordinasi dengan dinas terkait,” tegasnya.

Terpisah, Kepala Divisi Land Perizinan PT Sentul City, Sejuk Karyanto mengklaim telah mengantongi izin amdal yang diperlukan untuk aktivitas yang dilakukan perusahaannya.

Baca Juga: Bangun Jalan Swadaya, Warga Dianggap Serobot Lahan Sentul City

Sementara peristiwa kemarin, dia menilai lebih disebabkan intensitas hujan yang cukup tinggi di wilayah tersebut.

“Kalau amdalnya kita sudah lengkap karena satu bidang, dan kita sudah berikan bantuan ke warga terdampak, semoga tidak terjadi lagi,” tandasnya.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto