25 radar bogor

Terminal Bubulak Bakal Diperbaiki Pemkot Bogor Tahun Depan

terminal bubulak
Angkot keluar dari kawasan Terminal Bubulak, Kota Bogor, Selasa (17/1). (Radar Bogor/ Sofyansyah)

BOGOR-RADAR BOGOR, Kondisi Terminal Bubulak yang memprihatinkan akhirnya dapat perhatian. Lintasan terminal yang bergelombang dan menjelma sebagai kubangan di kala hujan, ke depan akan diperbaiki oleh Pemerintah Kota Bogor.

Baca Juga : Pemkot Bogor Janji Mulai Menata Terminal Bubulak Tahun Ini

Rencana tersebut diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor, Eko Prabowo. Dirinya menyebut, pihaknya mengusulkan perbaikan emplasemen Terminal Bubulak mulai 2024 mendatang.

“Tahun depan akan diperbaiki melalui APBD atas perintah Wali Kota senilai Rp6 miliar. Proyek ini akan berlangsung selama satu tahun,” ungkap Eko saat ditemui Radar Bogor Sabtu (3/6/2023).

Eko menerangkan, awalnya perbaikan Terminal Bubulak direncanakan bukan menggunakan APBD melainkan Bantuan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Banprov) dan usulan pembangunan konsep park and ride ke Pemprov DKI Jakarta. Upaya itu bahkan dilakukannya berulang-ulang setiap tahun, namun hasilnya nihil.

Setelah perbaikan selesai Eko berpendapat, ke depan, Terminal Bubulak akan menjadi sentra Transit Oriented Development (TOD) yang sangat penting.

“Walaupun itu terminal tipe c, kami bisa melayani supaya pergerakan dari wilayah barat tidak perlu ke tengah (kota) dulu. (Apabila) ada park and ride, cukup di situ saja,” terangnya.

Baca Juga : Terminal Bubulak Dinilai Tak Layak, DPRD Tekan Pemkot Berinovasi

Terlebih, rencana ini akan sejalan dengan kerja sama yang sudah terjalin antara Perumda Transpakuan dengan pihak PT Transportasi Jakarta yang akan membuka layanan tujuan Terminal Baranangsiang-Cibubur (Halte Trans Jakarta di Cibubur Junction) dan Terminal Bubulak-Cibubur.

Dengan begitu masyarakat bisa melanjutkan perjalanan ke pusat kota Jakarta dengan menggunakan Trans Jakarta. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep