25 radar bogor

BMC Mayapada Hospital Bogor Buka Terapi Akupuntur, Bisa Obati Berbagai Penyakit

BMC Mayapada Hospital Bogor
Dokter Saraf BMC Mayapada Hospital Bogor , dr Suhana Abdulhadi

BOGOR-RADAR BOGOR, Rumah Sakit BMC Mayapada Hospital Bogor membuka pelayanan terapi akupuntur. Terapi tusuk jarum ini, disebut dapat mengobati berbagai jenis penyakit mulai dari saraf hingga masalah kesuburan.

Baca Juga : Diabetes Center Mayapada Hospital Siap Beroperasi

Dokter Saraf BMC Mayapada Hospital Bogor , dr Suhana Abdulhadi menjelaskan, akupuntur adalah terapi yang dilakukan dengan menusukkan jarum ke bagian tubuh pasien. Titik-titik tusukan yang dipilih merupakan lokasi yang memiliki karakteristik tertentu berbeda dengan area tubuh lain.

“Secara umum, penyakit yang bisa diobati adalah penyakit yang berhubungan dengan saraf misalnya migrain, vertigo, sakit kepala, nyeri pada leher (frozen shoulder), kebas, kesemutan, dan pemulihan pasca stroke,” bebernya.

Akupuntur juga disebutnya dapat mengobati penyakit seperti gastritis, gerd, diabetes melitus, masalah kesuburan, nyeri saat menstruasi (dismenore), menstruasi tidak teratur, dan alergi.

Terapi ini memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan dengan pengobatan pada biasanya. Terapi ini lebih sederhana, minim resiko, dan efek samping obat.

dr Suhana menuturkan, sebelum menjalani terapi akupuntur pasien akan menjalani analisis dan pemeriksaan medis terlebih dahulu untuk diketahui latar belakang pemyakitnya.

Setelah itu dokter akan mendeteksi titik-titik sakit yang diderita pasien. Setelah ditemukan, titik-titik tersebut akan ditusuk dengan jarum selama 20-30 menit.

Dirinya menerangkan, terapi akupuntur biasanya dilakukan secara berulang setiap sekali dalam 3 hari. Pengulangan terapi disesuaikan dengan penyakit yang diderita.

Baca Juga : BMC Mayapada Hospital Mulai Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia Bogor Timur

“Tidak ada batasan umur dalam terapi ini. Namun terkadang, terapi ini sulit dilakukan untuk pasien balita karena tidak kooperatif. Namun tetap boleh, jika memungkinkan dan pasiennya mau,” tuturnya.

Terapi ini tersedia di BMC Mayapada Hospital Bogor Senin-Sabtu pukul 14.00-18.00 WIB. Masyarakat bisa mendatangi langsung BMC Mayapada Hospital Bogor di Jalan Pajajaran Indah V No. 97, Baranangsiang, Kota Bogor. Pasien disarankan membuat janji terlebih dahulu melalui Whatsapp: 08118882935 atau 08118882953. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep