25 radar bogor

Kebakaran di Mal Ekalokasari, Diduga Penyebabnya Ini

Kebakaran yang melanda Plaza Ekalokasari Kota Bogor membuat sejumlah security mengalami sesak napas dan harus dilarikan ke RS, Minggu (4/6) malam. (ist)

BOGOR-RADAR BOGOR, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bogor Samson Purba memberikan update terbaru terkait peristiwa kebakaran yang melanda Lippo Plaza Ekalokasari, Minggu (4/6) malam.

Samson menjelaskan, kondisi kebakaran di pusat perbelanjaan Kota Bogor itu sudah tertangani. Saat ini, Damkar Kota Bogor masih melakukan pendinginan dan penanganan asap yang masih terlihat memenuhi setiap lantai.

Baca Juga: Bantu Padamkan Kebakaran, Puluhan Pegawai Mal Ekalokasari Sesak Napas

“Saat ini, kita masih menggunakan blower untuk menghisap asap dan teman-teman karyawan kita belum bolehkan masuk dan mengurus barang-barangnya,” tegas Samson.

Ruangan yang terbakar adalah gudang dengan luasan 3×3 meter. Di dalamnya banyak dokumen yang mudah terbakar. Hal itulah yang menimbulkan banyak asap.

Imbasnya, puluhan karyawan mal Ekalokasari juga mengalami sesak napas hingga kelelahan.

“Apinya cepat kita atasi, tapi asapnya banyak sekali sehingga mengakibatkan teman-teman security yang berusaha membantu sejak napas dan ada (security) lima orang ke rumah sakit,” ucap dia.

Ia menduga, mereka terpapar asap terlalu lama saat membantu pemadaman dengan tidak menggunakan masker.

Samson mengatakan, dugaan sementara sumber api masih dilakukan pendalaman. Namun, ia memperkirakan berhubungan dengan korsleting.

“Kita belum bisa menduga (penyebabnya), tapi di dalam ruangan tersebut ada box sekring dua biji. Kita tidak bisa menduga (itu), tapi (buktinya) itu terbakar,” bebernya.

Baca Juga: Asap Memenuhi Mal Ekalokasari, Ternyata Titik Api dari Sini

Kebakaran tersebut memaksa timnya menerjunkan empat armada damkar dari Kota Bogor, dibantu dua unit dari Kabupaten Bogor.
“Termasuk ada dua rescue untuk membantu kita (Damkar),” imbuhnya.(*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto