25 radar bogor

Pembangunan Masjid Agung Dilanjut, Alat Berat Masuk Pekan Depan

Masjid Agung
Suasana bagian dalam Masjid Agung yang pembangunannya kini sudah mencapai 97 persen. SOFYANSYAH/RADAR BOGOr

BOGOR-RADAR BOGOR, Pembangunan Masjid Agung Kota Bogor kembali berlanjut. Di tahap ini, proses pembangunan memasuki bagian akhir yakni penyelesaian.

Baca Juga : Usai Lebaran, Lanjutan Proyek Masjid Agung Baru Dilelang

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor, Rena Da Frina mengatakan proses pembangunan Masjid Agung sudah berjalan sejak 3 pekan lalu. Namun proses baru menginjak tahap persiapan.

“Saat ini masih persiapan, pekan depan alat berat sudah mulai masuk untuk melakukan penggalian fondasi,” tuturnya saat dihubungi Radar Bogor.

Rena menerangkan, di tahapan saat ini Rena menyebut pihaknya juga akan membangun menara masjid serta jalan akses masjid dari kawasan Alun-alun Kota Bogor.

“Ke depan, Masjid Agung akan terintegrasi dengan Alun-Alun nanti ada jalan akses masuknya,” terang dia.

Proses akhir Masjid Agung yang juga jadi prioritas Wali Kota Bogor di akhir masa jabatannya tersebut ditargetkan selesai pada Desember. Namun Rena menekankan pihaknya berupaya menyelesaikan pembangunan lebih awal di November 2023.

Anggaran yang digelontorkan untuk menyelesaikan Masjid Agung Kota Bogor di tahap akhir ini sebesar Rp36,4 miliar.

Diketahui, pembangunan Masjid Agung Kota Bogor dimulai sejak 2015 dengan bantuan Rp50 miliar dari Pemprov) Jabar. Namun, 2016 pembangunan terhenti lantaran dua kali mengalami gagal lelang proyek.

Pada 2017, proyek pembangunan dihentikan karena Inspektorat Jabar menemukan ketidaksesuaian proses pekerjaan dengan rencana awal pembangunan. Pada 2018, pengerjaan kembali dilakukan Pemkot Bogor dengan anggaran Rp 8,6 miliar. Pengerjaan tersebut, menghasilkan bangunan fisik mencapai 65 persen.

Pada 2019, Pemkot Bogor kembali menyiapkan anggaran Rp15 miliar untuk pembangunan. Namun, Puslitbang Perumahan dan Permukiman Kementerian PUPR melakukan audit konstruksi Masjid Agung pada 2019, yang mengharuskan pembangunan dihentikan sementara.

Baca Juga : Ketua DKM Masjid Agung KH Ahmad Baedowi Wafat, Katalisator Berbagai Tokoh

Audit yang seharusnya sudah keluar pada tahun tersebut, baru diterima Pemkot Bogor pada 2020. Hasilnya, kontruksi tidak dapat menopang atap dengan beban berat yang mengharuskan pembuatan struktur baru.

Lalu pada APBD 2021, DPRD Kota Bogor bersama TAPD menganggarkan Rp31,4 miliar dan pada APBD 2022 ini dianggarkan Rp26 miliar. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep