25 radar bogor

Kadishub Imbau Masyarakat Hati-Hati Pungutan Parkir Mencatut Petugas

kwitansi Parkir di Puncak

CISARUA-RADAR BOGOR, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor, Agus Ridho mengimbau masyarakat agar berhati-hati dalam setiap pungutan parkir. Terlebih, pungutan dilakukan dengan mengatasnamakan petugas.

“Kepada masyarakat agar berhati-hati apabila ada oknum mengatasnamakan dinas melakukan pungutan,” imbaunya kepada Radar Bogor, Jumat (2/6).

Baca Juga: Beredar Kwitansi Setoran Parkir Berlogo Dishub di Puncak, Legal atau Pungli?

Menurutnya, petugas khususnya Dishub Kabupaten Bogor tidak akan sembarang melakukan pungutan. Jika melakukan pungutan, pihaknya punya standar operasional prosedur (SOP) yang tertuang dalam Perbup No.32 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Parkir Kendaraan Bermotor Oleh Pemerintah Daerah.

Kemudian untuk retribusi parkir, pihaknya bekerjasama dengan pihak ketiga.

Berkaitan dengan ditemukannya kuitansi berlogo Dishub Kabupaten Bogor di kawasan Puncak, Agus membantah kwitansi itu dikeluarkan oleh oknum Dishub. Meski begitu, pihak memastikan akan menindaklanjuti adanya kuitansi yang diduga palsu tersebut.

“Segera kita tindak lanjuti, sudah saya perintahkan Kepala Bidang Prasarana untuk melakukan investigasi ke lapangan,” kata Agus Ridho.

Sementara, Kepala UPT Perhubungan wilayah III Ciawi, Iwan Sugito Sudirdjo menegaskan jajarannya tidak pernah mengeluarkan kuitansi setoran parkir berlogo Dishub Kabupaten Bogor, di Kawasan Rest Area Puncak.

“Saya pastikan itu bukan berasal dari pegawai Dishub. Saya tidak pernah perintahkan dan mengeluarkan Surat Perintah (SP) untuk menugaskan, melaksanakan pemungutan di lokasi tersebut,” tegasnya.

Dari temuan tersebut, pihaknya akan memperketat pengawasan, dan melakukan evaluasi pada jajarannya. Pihaknya juga akan terus mensosialisasikan kepada masyarakat khususnya permasalahan parkir di wilayah UPT Perhubungan III Ciawi.

Baca Juga: Cegah Praktik Pungli PPDB, Disdik Gandeng Saber Pungli Jabar

“Kami juga meminta masyarakat proaktif untuk melaporkan kepada kami jika ada permasalahan serupa, atau mendapati adanya retribusi parkir illegal,” tandasnya.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto