25 radar bogor

Rampung Diperbaiki, Begini Wajah Baru Jembatan Satu

Jalan Ahmad Yunus atau Jembatan Satu sudah rampung dipugar sehingga bisa dilalui secara normal, Kamis 91/6). (Radar Bogor/Reka Faturachman)

BOGOR-RADAR BOGOR, Setelah diperbaiki selama 7 bulan sejak Bulan November 2022 lalu, Jalan Ahmad Yunus yang berlokasi di Kelurahan Sukaresmi, Kecamatan Tanah Sareal akhirnya rampung.

Jalan yang lebih tersohor dengan sebutan Jembatan Satu itu kini sudah bisa dilalui kendaraan dengan mudah dan leluasa. Ruas jalan itu kini memliki 2 lajur sehingga bisa dilalui 2 mobil sekaligus.

Baca Juga: Akhir Mei, Jembatan Satu Cilebut Sudah Bisa Sempurna Dilewati

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor, Rena Da Frina mengatakan, secara garis besar pekerjaan tersebut telah rampung dan hanya menyisakan sedikit pekerjaan di bagian turap pekan lalu.

“Masih ada sedikit pekerjaan turap di bagian bawah. Karena proyek ini menggunakan anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) maka nanti akan dihitung ulang bersama-sama biaya yang telah dikeluarkan,” jelasnya saat dikonfirmasi Radar Bogor, Kamis (1/6).

Rena menyebut, ruas jalan ini sudah jauh lebih nyaman dilalui. Lebarnya jalan membuat kendaraan dapat dengan mudah bermanuver ketika ingin melintas dari arah Cilebut. “Selain punya 2 lajur, pondasinya lebih kuat dan turapnya lebih kokoh,” imbuh dia.

Sebelum ditangani oleh pihak Dinas PUPR, Jembatan Satu sempat diperbaiki secara swadaua oleh warga sekitar pada bulan Oktober 2022 lalu. Setelah berjalan 11 hari pekerjaan dihentikan dan mulai diambil alih oleh Dinas PUPR.

Proyek ini kemudian berlangsung secara bertahap tahap pertama pada Bulan November-Desember 2022. Lalu dilanjutkan tahap kedua pada Bulan Februari-Mei 2023.

Selesainya proyek perbaikan Jembatan Satu disambut syukur Lurah Sukaresmi, Nandang. Ia senang jalan tersebut bisa kembali dilalui kendaraan sehingga warganya tidak kesulitan kembali.

“Alhamdulillah pembangunan Jembatan Satu tahap 1 dan tahap 2-nya sudah selesai dan bisa dilalui kendaraan lagi. Banyak warga berterima kasih bahkan mereka mengajak syukuran,” ungkapnya.

Baca Juga: Perbaikan Jembatan Satu Berlanjut, Akses Tidak Akan Ditutup Saat Jam Sibuk

Nandang mengatakan di tahap kedua warga tidak kembali melontarkan protes karena selama perbaikan tidak ada lagi penutupan jalan.

Dirinya berharap Jembatan Satu bisa bertahan lama dan tidak terjadi longsor yang dapat menyebabkan kerugian bagi masyarakat. (*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto