25 radar bogor

Pesan Ketua DPRD Rudy Susmanto pada Hari Lahir Pancasila

Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto dan jajaran Pemkab Bogor melaksanakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Kamis (1/6).(Radar Bogor/Hendi Novian)

CIBINONG-RADAR BOGOR, Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto mengatakan, Hari Lahir Pancasila adalah sebuah memontem bagi semua untuk mengingat kembali fondasi dasar dari Republik Indonesia.

“Karena dari lima sila yang ada dicetuskan oleh founding father kita, para pendiri bangsa bukan hanya sebuah kata, jika kita memaknainya lebih dalam maka nilai-nilai moral, nilai-ilai agama semua ada di dalamnya,” ucapnya, Kamis (1/6).

Baca Juga: Hari Lahir Pancasila, Pemkab dan Forkopimda Gelar Upacara

Menurutnya, sebagai dasar negara, Pancasila sejatinya bukan hanya untuk dihafal, namun juga diamalkan dari lima sila yang ada.

Pada peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Juni, Rudy ingin mencerminkan filosofi Bogor lebih maju dan berkeadaban.

Salah satunya dengan mengajak stakeholder terkait untuk melakukan bebersih Cibinong Situ Plaza. Sebagai muka Ibu Kota Kabupaten Bogor, Rudy ingin masyarakat bangga dan nyaman dengan keberadaan situ tersebut.

“Dengan situ yang bersih, tentunya masyarakat Kabupaten Bogor dapat menikmati fasilitas yang ada,” tukasnya.

Untuk diketahui, jajaran Pemkab Bogor melaksanakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Kamis (1/6).

Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan saat memimpin upacara tersebut mengungkapkan, sejarah telah membuktikan bahwa nilai-nilai Pancasila semangat persatuan kesatuan dan gotong royong, telah berhasil mengantarkan kita dalam meraih berbagai capaian serta melewati berbagai tantangan dan ujian sepanjang perjalanan bangsa ini.

Baca Juga: Hari Lahir Pancasila, Lurah Tanah Baru Dapat Uang Rp60 Juta

“Untuk itu, saya mengajak kepada kita semua, seluruh elemen bangsa, untuk terus membumikan dan mengaktualisasi nilai-nilai luhur Pancasila dengan terus mengedepankan semangat gotong royong dalam membangun bangsa dalam koridor Negara Kesatuan Republik Indonesia,” terangnya.

Momentum bersejarah ini, Iwan menilai patut disyukuri. Pancasila sebagai dasar negara telah menjadi bintang yang menuntun perjalanan bangsa Indonesia sejak merdeka hingga kini.

Terlebih di tengah beragam tantangan global, sangat penting bagi seluruh elemen bangsa untuk senantiasa menjaga semangat, solidaritas, persatuan kesatuan.

“Serta memperkuat sinergi dan kolaborasi atau saling bergotong royong dalam pembangunan agar semakin berdaya saing dan demi mewujudkan kesejahteraan bangsa,” tandasnya.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto