25 radar bogor

Cerdas Berinternet di Era Digital, Begini Tipsnya…

Ilustrasi internet
Ilustrasi internet

BOGOR-RADAR BOGOR, Kementerian Kominfo kembali menggelar webinar bersama DPR RI, mengusung tema ‘Cerdas Berinternet di Era Digital’, yang diselenggarakan pada Senin, 29 Mei 2023.

Dalam paparannya, Anggota Komisi I DPR Mayjen TNI. Mar, (Purn) Sturman Panjaitan, S.H menjelaskan bahwa pemuda digadang-gadang menjadi pionir dalam kemajuan teknologi kearah yang lebih baik.

Dari para pemuda inilah, seharusnya pengetahuan tentang digitalisasi disebar luaskan. Hingga nantinya bisa mencapai seluruh wilayah Indonesia.

Berbicara tentang pengaruh pemuda dalam dunia digital, tentu tidak lepas dari kata ‘konten kreator’.

Untuk itu, dia pun memberikan kiat-kiat agar kita dapat memanfaatkan media sosial dengan benar, sesuai dengan norma dan perilaku yang bijak.

“Seperti memiliki wawasan yang cukup tentang dunia digital, harus mampu memilah informasi dari medsos, harus bijak dalam berkomentar di medsos, waspada pada konten-konten mencurigakan, menyaring konten negatif, mampu menjadi netizen yang menghargai dan bertoleransi. Baik dari segi sosial, pribadi dan agama,” beber dia.

Peneliti & Dosen Digital Media ART-Budaya Visual Stikosa AWS, Jokhanan Kristiyono menambahkan, pengguna internet juga diimbau untuk meningkatkan kesadaran tentang praktik keamanan digital, dan privasi.

Serta mengambil tindakan pencegahan, seperti menggunakan kata sandi yang kuat, menghindari membagikan informasi pribadi secara sembarangan, dan menginstal perangkat lunak keamanan yang anda. (ran)