25 radar bogor

Polbangtan Torehkan Prestasi di Lomba Debat Sekolah Vokasi IPB University

Polbangtan
Mahasiswa Polbangtan Bogor berhasil menorehkan prestasi Juara 3 Lomba Debat Bahasa Indonesia dan Tim Favorit, dalam lomba Vetionday yang diselenggarakan Sekolah Vokasi IPB University 2023.

BOGOR – RADAR BOGOR, Mahasiswa Polbangtan Bogor berhasil menorehkan prestasi Juara 3 Lomba Debat Bahasa Indonesia dan Tim Favorit, dalam lomba Vetionday yang diselenggarakan Sekolah Vokasi IPB University 2023.

Baca Juga : Kementan-DPR Rangkul Petani Tasikmalaya, Tingkatkan Kualitas Produksi Pertanian

Tim The Rusher Polbangtan Bogor yang beranggotakan Gitana Arum Prastanika, Anggun Iftita Rahmi, dan Gitana Arum Prastanika itu, berhasil mengalahkan 18 tim dari berbagai universitas dalam babak penyisihan hingga final. Tahun ini, tuan rumah IPB University keluar sebagai juara pertama, Universitas Negeri Jakarta sebagai juara kedua, dan Universitas Indonesia sebagai top four.

Tidak hanya itu, Tim Jurnak Glory juga berhasil mendapatkan anugerah sebagai tim terbaik karena berhasil mendapatkan vote terbanyak. Tim yang beranggotakan Aditia Yaman Dalantaras Bukit, M. Syarkhul Mu’in, dan M. Ramyza Fauzi.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL), meyakini kaum milenial yang inovatif dan memiliki gagasan yang kreatif mampu mengawal pembangunan pertanian yang maju, mandiri, modern.

Syahrul yakin melalui pendidikan vokasi pada Polbangtan akan hadir para petani milenial yang berkualitas.

“Transformasi pendidikan di sektor pertanian belum maksimal apabila hanya menyangkut kelembagaan, maka ada empat jurus jitu yang harus ditekankan dalam pendidikan vokasi yakni karakter, kompetensi, kritis dan kreatif karena pendidikan vokasi menuntut hadirnya generasi milenial yang tangguh berkarakter petarung,” kata Mentan Syahrul.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi menuturkan bahwa sekarang ini dibutuhkan sekelompok anak muda yang memiliki loyalitas dan integritas tinggi untuk memajukan sektor pertanian Indonesia.

“Sudah saatnya pertanian dikelola oleh generasi milenial yang menggunakan kreativitas dan inovasinya sehingga pertanian kedepan menjadi pertanian modern. Saat ini kita telah memiliki banyak petani milenial sekaligus enterpreneur di bidang pertanian,” ujar Dedi.

Gitana Arum, sebagai ketua UKM Debat Society Polbangtan Bogor bangga atas perjuangan para anggota tim hingga berhasil menorehkan prestasi.

Dengan juara yang diraih oleh Polbangtan Bogor diharapkan kedepannya lebih banyak lagi prestasi yang diraih dalam bidang keilmuan dan seluruh anggota UKM debat berterimakasih kepada Polbangtan Bogor yang telah mendukung dan memfasilitasi banyak hal untuk pencapaian yang luar biasa.

Baca Juga : Jalin Kerjasama dengan Korea, Polbangtan Kementan Bangun Smart Green House

Syarkhul Mu’in selaku perwakilan tim mengaku bersyukur dengan pencapaian tim debat Polbangtan Bogor. “ Saya dan tim bersyukur bisa mendapatkan achievement ini, kamu berterimakasih kepada keluarga besar Polbangtan Bogor atas dukungan dan doanya. Semoga seluruh anggota UKM Debat dapat termotivasi dan memiliki semangat juang tinggi sehingga dapat mengharumkan almamater tercinta,” ucapnya. (*)

Pewarta: Gitana
Sumber: Polbangtan Bogor

Editor : Yosep