25 radar bogor

Pengerjaan Jembatan Otista Lampaui Target, Optimistis Rampung Sesuai Jadwal

Jembatan otista
Tampak dari atas suasana pengerjaan Jembatan Otista.

BOGOR-RADAR BOGOR, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor memberikan update terbaru proyek pembangunan Jembatan Otista Bogor yang sudah memasuki minggu keenam.

Kepala Dinas PUPR Kota Bogor, Rena Da Frina mengatakan, progres pekerjaan pembangunan sejauh ini sangat baik dan sudah mencapai 4,5 persen, dengan deviasi positif 1,5 persen.

Baca Juga: Tak Jadi Dibongkar, Begini Rencana PUPR Menata Lengkung Otista

Pengerjaannya meliputi seperti rampungnya relokasi pipa PDAM yang terdampak pembangunan. Sementara, relokasi kabel PLN dan pembesian membuat bore pile masih dalam proses. Begitupun dengan pabrikasi bekisting.

Rena menyebutkan, saat ini masih dilakukan pengerukan galian agar alat berat bisa turun. Mereka bakal menurunkan crane untuk melakukan pengeboran fondasi jembatan.

“Sampai minggu keenam ini (pekerjaan mencapai) sekitar 4,5 persen. Deviasinya positif 1,6 persen,” kata Rena.

Menurut dia, bobot untuk pengerjaan galian tidak akan sebanyak ketika alat atau balok girder bakal mulai beroperasi. Rangkaian balok untuk jembatan juga saat ini sudah ada.

Total 4,5 persen pengerjaan yang sudah dilakukan melampaui target 3 persen yang sudah ditetapkan pada minggu keenam. Dengan begitu, capaian kinerja terjadi deviasi positif atau pekerjaan yang melebihi target dari yang sudah ditetapkan.

“Positif 1,5 persen progresnya, jadi kan progresnya minggu ke sini cuman 3 persen. Tapi mereka sudah 4,5 persen, jadi deviasinya kelebihannya positif,” ucap Rena Da Frina.

Baca Juga: Pelototi Proyek Strategis, Dewan Jadwalkan Rapat Kerja 2 Bulan Sekali

Oleh karena itu, Rena optimistis pembangunan Jembatan Otista Bogor bakal rampung sesuai jadwal yang sudah ditentukan. “Itu yang terus kita pantau dan harus tiap hari kita cek,” ungkap Rena Da Frina.

Pengerjaan selanjutnya yakni memasang pancang besi. Setelahnya, balok girder juga dijadwalkan sudah tiba.(*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto