25 radar bogor

Menuju Jabar Digital Province, Para Sekda Kabupaten dan Kota Dilatih di Korea

Sekda

KOREA-RADAR BOGOR, Pemerintah Provinsi Jawa Barat menginisiasi peningkatan kapasitas bagi 8 Sekda Kabupaten/Kota Piloting (Kab. Sumedang, Kab. Majalengka, Kab. Kuningan, Kab. Garut, Kab. Bandung, Kab. Cirebon, Kota Cirebon dan Kota Tasik) terkait transformasi digital di Local Government Officials Development Institute (LOGODI) Korea.

Baca Juga : Bupati Sumedang Berbagi Pengalaman Penerapan SPBE di Kalimantan Tengah

“Jabar harus menjadi provinsi terdepan dalam penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) menuju Jabar Digital Province. Itu semua bisa kita raih apabila SDM aparaturnya memiliki mindset dan kompetensi digital yang baik. Karena itu, kita mulai dengan melatih para Sekda Kabupaten/Kota sebagai top management birokrasi pemetintahan di daerah,” ungkap Setiawan Wangsaatmaja, Sekda Provinsi Jawa Barat, sekaligus pimpinan delegasi. Selasa (30/5/2023).

Dijelaskan bahwa pelatihan yang bertajuk lengkap ‘2023 Digital Capacity Building Program for Civil Servants of West Java Province’ tersebut, dilaksanakan selama satu minggu, mulai 28 Mei sampai dengan 3 Juni 2023 di Kampus LOGODI di Kota Jeonju, Provinsi Jeollabuk-Do, Republik Korea.

Berbagai materi yang relevan dengan upaya peningkatan kapasitas untuk penerapan SPBE atau digital government dikupas tuntas di LOGODI. Mulai dari digital platform government in Korea, change management and government innovation, digital leadership and governance, hingga berbagai praktik baik transformasi digital di Korea.

Disampaikan, pelatihan ini dilaksanakan bukan hanya untuk meningkatkan kapasitas para Sekda Kabupaten/Kota Piloting, tetapi juga untuk memotivasi agar segera bergerak. “Setelah selesai pelatihan ini, saya berharap para Sekda Kabupaten/Kota Piloting, kapasitasnya meningkat dan segera bergerak memimpin langsung akselerasi penerapan SPBE di daerahnya masing-masing,” ucap Setiawan.

Herman Suryatman, Sekda Kabupaten Sumedang, sebagai salah satu peserta pelatihan mengungkapkan pentingnya kegiatan ini. “Kunci sukses penerapan SPBE adalah sumber daya ASN. Sekda sebagai pejabat berwenang di daerah harus memiliki kompetensi dan kepemimpinan digital untuk memanage para ASN menjadi agen perubahan dalam transformasi digital,” kata Herman.

Sebagaimana diketahui, transformasi digital Kabupaten Sumedang merupakan yang terbaik di Indonesia dengan Indeks SPBE 3,84. Demikian juga dengan Provinsi Jawa Barat, saat ini merupakan salah satu provinsi paling digital di Indonesia.

“Saya berharap dengan pelatihan ini, 7 Kabupaten/Kota Piloting lainnya termotivasi dan bisa menyusul Sumedang. Selanjutnya kita akan segera replikasi ke Kabupaten/Kota se Jawa Barat, hingga kita bisa mewujudkan Jabar Digital Province,” pungkas Setiawan. (*)

Editor : Yosep