25 radar bogor

Ridwan Kamil Klaim Jalur Tambang di Bogor Bisa Rampung Setahun

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunjungi lokasi untuk pembangunan jalur tambang di Cigudeg, Kabupaten Bogor, Senin (29/5). (Radar Bogor/Hendi Novian)

CIGUDEG-RADAR BOGOR, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau lokasi pembangunan jalan khusus tambang di Desa Rengasjajar, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, Senin (29/5).

Kang Emil, sapaannya, mengatakan bahwa pembangunan jalan tol khusus tambang di Rumpin, Parung Panjang, hingga Cigudeg sudah dimulai. Namun, ia beralasan baru diupacarakan Senin (29/5).

Baca Juga: Proyek Jalur Tambang di Bogor Masih Abu-abu, Jalan Tambah Hancur

Jalan sepanjang 11,5 kilometer sudah dibebaskan. Mayoritas jalannya sudah mulai terbentuk dan jalur tambang menjadi inovasi baru.

“Biasanya kan jalur itu untuk semua (kendaraan), tapi ini khusus truk tambang berbayar. Maka inovasi dimulai dari regulasi dulu. Jadi tidak sesederhana kata-kata. Sampai Menteri ESDM mengeluarkan peraturan menteri khusus untuk jalur (tambang) ini,” dalihnya.

Akses jalan bakal melewati 12 jembatan dan entri 8 titik. Dengan demikian, truk tidak perlu memutar jauh yang terkadang membuat jalanan menjadi macet. Sementara untuk jalur umum, jalanan juga akan diaspal.

Pembebasan lahan jalur tambang pun sudah rampung 80 persen. Meski begitu, masih ada 5 kilometer ujung jalan yang akan dibangun. Lantaran itu adalah jalan kabupaten, pihak Pemprov Jabar masih akan menggelontorkan bantuan keuangan.

Kang Emil menambahkan, persoalan izin akan diturunkan dari Kabupaten Bogor yang didelegasikan. Sementara itu, AMDAL dan yang lainnya sedang berjalan.

Baca Juga: Izin Belum Selesai, Proyek Jalur Tambang di Bogor Terus Molor

“Diharapkan satu tahun dari sekarang insyaallah akan bisa beroperasi. Kalau ini selesai maka insyaallah tidak terjadi lagi percampuran (kendaraan) yang menyebabkan banyak kemudharatan dan kecelakaan,” ucapnya. (*)

Reporter: Jaenal Abidin
Editor: Imam Rahmanto