25 radar bogor

Kontrasnya Program Karsa Cerdas di Sukamakmur dan Megamendung

Camat Megamendung, Acep Sajidin saat menyambangi SMPN 3 Megamendung sebagai hasil dari Karsa Cerdas. (Radar Bogor/Arif Al Fajar)

MEGAMENDUNG-RADAR BOGOR, Karsa Cerdas menjadi satu dari bagian program Pancakarsa. Hal inipun nyatanya belum merata.

Contohnya di Kecamatan Sukamakmur, masih ada siswa yang belajar di teras masjid lantaran bangunan mereka roboh, yakni kelas jauh SDN Sukamulya 2.

Baca Juga: Pelajar SD di Sukamulya Ini Terpaksa Belajar di Teras Masjid

Para murid di sana terpaksa belajar di teras masjid dan rumah warga. Lantaran bangunan sekolah mereka yang ambruk belum juga diperbaiki.

Kondisi itu kontras jika dibandingkan dengan Karsa Cerdas di Kecamatan Megamendung Kabupaten Bogor. Pada tahun 2022, di sana dibangun sekolah baru. Bahkan, dilakukan rehabilitasi ruang kelas di SDN Cipayung.

“Karsa Cerdas di Kecamatan Megamendung ini salah satunya adanya sekolah baru yakni SMPN 3, termasuk juga melakukan rehabilitasi dan membangun ruang kelas baru SDN Cipayung,” kata Camat Megamendung, Acep Sajidin, Senin (29/5).

Selain bentuk fisik, Karsa Cerdas yang ada di Kecamatan Megamendung sendiri meliputi Sumber Daya Manusia yang mengacu pada peningkatan kapasitas tenaga pengajar.

“Kami juga ada peningkatan kapasitas guru sampai kepala sekolah,” imbuhnya.(*)

Reporter: Arif Al Fajar
Editor: Imam Rahmanto