25 radar bogor

Revitalisasi Plaza Bogor Dimulai, Pemagaran Awal Juni 2023

Perumda PPJ revitalisasi Plaza Bogor
Gedung Plaza Bogor yang akan di bongkar. Lelang pembongkaran akan digabungkan dengan Beauty Contest oleh Perumda PPJ. SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Revitalisasi Plaza Bogor bakal dimulai beberapa hari ke depan. Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ) berencana memulai pemagaran di awal Juni 2023.

Baca Juga : Masuk Tahap Lelang, Plaza Bogor Segera Dibongkar. Begini Konsepnya!

Direktur Utama Perumda PPJ, Muzakkir Abdullah menyebut, pemagaran menjadi awal tahap pembongkaran Plaza Bogor. Dirinya memperkirakan proses tersebut berlangsung pada 1 atau 2 Juni 2023.

“Pemagaran akan dilakukan sekaligus pengosongan pedagang. Setelah semua keluar baru kami bongkar,” ujarnya saat dihubungi Radar Bogor, Kamis (25/5/2023) malam.

Data terakhirnya menunjukkan, ada sekira 90 pedagang yang masih berjualan di pusat perbelanjaan legendaris itu. Muzakkir mengklaim, pihaknya sudah melakukan sosialisasi kembali pada pedagang mengenai rencana itu.

“Selama belum pemagaran masih kita biarkan. Mereka beralasan menunggu sampai hari terakhir Batas maksimalnya pemagaran. Kalau sudah pemagaran tidak boleh aktifitas,” terang Muzakkir.

Pihaknya pun akan segera menghentikan fasilitas-fasilitas Plaza Bogor seperti eskalator dan aliran air. Perumda PPJ juga sudah bersurat dengan PLN untuk mencabut utilitasnya.

Pemagaran hanya dilakukan di sekitar Plaza Bogor di batas tanah milik Perumda PPJ tanpa mengambil jatah jalan kendaraan.

Akses kendaraan akan sedikit terdampak saat proses pengangkutan pembongkaran. Namun Muzakkir berjanji tidal akan melakukan pekerjaan tersebut di jam sibuk aktifitas.

Wali Kota Bogor, Bima Arya menjelaskan revitalisasi Plaza Bogor menjadi upaya Pemkot memindahkan pasar dari pusat kota ke pinggir kota. Bima menilai selama ini banyak persoalan yang ditimbulkan dari adanya pasar tradisional di pusat kota.

Baca Juga : Plaza Bogor Bakal Dipugar, Pedagang Berharap Bisa Kembali Lagi

“Terlalu banyak persoalan pasar tradisional di pusat kota. Macetnya, kotor, sampah, preman, pungli. Sedangkan yang belanja orang luar, yang jualan orang luar, kita kebagian negatifnya saja,” tegas Bima.

New Plaza Bogor ke depan akan menyatu dengan bangunan Pasar Bogor yang juga akan direvitalisasi. New Plaza Bogor akan diisi dengan gedung parkir berkapasitas 1500 mobil dan 2000 motor, pusat kuliner, pasar temaik, hotel, akses ke Kebun Raya Bogor (KRB), dan masjid. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep