25 radar bogor

Pembuangan Sampah Liar Bertebaran di Klapanunggal, Bikin Kumuh

Sampah Liar
Sampah liar di dekat Stasiun Nambo, Kecamatan Klapanunggal Kabupaten Bogor.

KLAPANUNGGAL-RADAR BOGOR, Keberadaan sampah liar di Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor buat kumuh. Radar Bogor mencatat ada lima titik sampah liar di Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor.

Baca Juga : Komplotan Curanmor Spesialis Siang Bolong Dibekuk Polsek Klapanunggal

Salah satunya di jalan alternatif dekat Stasiun Nambo. Sampah liar tersebut kebanyakan adalah sampah rumah tangga.

“Iya, sudah dipasang spanduk dilarang buang sampah tapi masih aja banyak yang buang sembarangan,” kata Mulyana salah satu warga Desa Nambo kepada Radar Bogor Jumat (26/5/2023).

Kata dia, warga biasa membuang sampah itu pada waktu subuh saat jalanan sedang sepi. “Hampir setiap hari saya bakar sampah ini. Eh besok pagi udah numpuk lagi,” akunya.

Kondisi ini kata dia, lantaran tidak adanya tempat pembuangan sampah sementara sehingga warga senaknya buang sampah di pinggir jalan. “Di sini gak ada bak sampah, jadi warga asal buang saja,” tuturnya.

Sementara itu Rusli warga Desa Nambo lainnya mengaku prihatin dengan banyaknya sampah liar itu. Kata dia, Desa Nambo ini dekat dengan TPST Lulut Nambo.

Baca Juga : Gudang Penyimpanan Ban Bekas di Klapanunggal Terbakar Hebat

“Di atas itu ada TPST Nambo, walaupun belum beroperasi. Saya miris saja sampah liar dimana mana,”tuturnya.

Ia juga mengaku sudah sering menegur warga yang buang sampah sembarangan tersebut. Namun, tetap saja tidak digubris. “Sudah sering negur. Tapi tetap saja buang sampah dan langsung kabur pakai motor,” tukasnya. (all)

Reporter : Arifal
Editor : Yosep