25 radar bogor

Unida Kukuhkan Prof. Dede Kardaya sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Peternakan

Unida Kukuhkan Dede Kardaya sebagai Gubes Ilmu Peternakan
Unida Kukuhkan Dede Kardaya sebagai Gubes Ilmu Peternakan

BOGOR-RADAR BOGOR, Prof. Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si resmi dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Peternakan Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Djuanda (UNIDA).

Prosesi pengukuhan dipimpin langsung oleh Ketua Dewan Guru Besar UNIDA Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H yang dilangsungkan secara luring di Aula Gedung C Universitas Djuanda dan daring melalui kanal YouTube UNIDA TV pada Sabtu, 20 Mei 2023.

Prof. Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si telah berkontribusi secara signifikan dalam pengembangan ilmu peternakan dan memiliki reputasi yang sangat baik di kalangan akademisi dan praktisi di bidang tersebut.

Ia telah menerbitkan sejumlah publikasi ilmiah yang berpengaruh dan berperan aktif dalam penelitian terkait peternakan, pengukuhan ini merupakan pengakuan atas kontribusi dan dedikasi yang luar biasa dari Prof. Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si.

Dalam pidato pengukuhannya, Prof. Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si menyampaikan rasa terima kasihnya kepada keluarga, pimpinan universitas, kolega, serta seluruh pihak yang telah mendukung perjalanan karirnya. Ia juga berharap dapat terus berkontribusi dalam pengembangan ilmu peternakan melalui penelitian, pengajaran, dan kerjasama dengan berbagai pihak terkait.

Pengukuhan Prof. Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Peternakan merupakan prestasi yang membanggakan bagi UNIDA. Keberhasilan ini menunjukkan komitmen UNIDA dalam meningkatkan kualitas pengajaran dan penelitian, serta menghasilkan para ahli yang berpengaruh di bidangnya.

Ketua Dewan Guru Besar sekaligus Chancellor UNIDA Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H pada kesempatan ini menyampaikan selamat atas keberhasilan yang diraih oleh Prof. Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si. Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H berharap agar Prof. Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si akan terus berkontribusi memberikan dampak nyata dan positif dalam pengembangan ilmu peternakan.

“Selamat sekali lagi kami ucapkan, semoga Prof. Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si dapat terus memberikan yang terbaik, berkah ilmunya, serta selalu dalam ridho Allah SWT,” tutur Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H dalam sambutannya.

Sementara itu, Rektor UNIDA Prof. Mohamad Ali Fulazzaky, Ph.D menuturkan bahwasanya apa yang diraih oleh Prof. Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si merupakan hasil dari sebuah perjuangan. Oleh karena itu, hal ini perlu dijadikan contoh bagi para akademis ataupun dosen muda untuk terus melangkah mengembangkan potensi diri.

“Tanamkan setiap hari dalam diri kita untuk bekerja ikhlas dengan memiliki target dan tujuan menggapai apa yang kita cita-citakan. Maka, tuntut diri kita untuk melakukan pengembangan diri. Tidak ada yang lain, karena sebagai insan akademia sudah seharusnya kita berpacu mengembangkan diri kita, institusi kita, sesuai dengan yang kita harapkan untuk menggenggam dunia dan meraih akhirat,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, hadir mewakili Kepala LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat dan Banten, Agus Gumilar, ST., M.Kom mengatakan, dikukuhkannya Prof. Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si sebagai guru besar membuat keberadaan UNIDA akan semakin diakui oleh masyarakat.

Semakin banyak guru besar yang dikukuhkan, semakin banyak pakar yang dimiliki, akan semakin meningkatkan kualitas, khususnya dalam implementasi tridarma perguruan tinggi.

“Kami berharap setelah pengukuhan guru besar ini kontribusi saudara kepada UNIDA akan semakin besar. Setelah memperoleh jabatan akademik tertinggi ini, semangat menulis, mengajar, mengabdi dan meneliti harus lebih ditingkatkan untuk memberikan kemaslahatan yang lebih besar. Jadilah pribadi yang bukan hanya tidak merugikan orang lain, tetapi juga bermanfaat bagi orang lain. Maka atas nama Kepala LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat-Banten, saya sampaikan ucapan selamat atas prestasi Prof. Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si dan Universitas Djuanda,” ungkapnya. (*)