25 radar bogor

Pembongkaran Jembatan Otista Rampung, Balok Girder Ditargetkan Akhir Juli

Jembatan otista
Tampak dari atas suasana pengerjaan Jembatan Otista.

BOGOR-RADAR BOGOR, Proyek penggantian Jembatan Otista terus dikebut. Pembangunan yang ditargetkan beres di akhir tahun mendatang saat ini, baru saja menyelesaikan tahap pembongkaran.

Baca Juga : Progres 3,5 Persen, 2 Crane Bakal Datang ke Jembatan Otista

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor, Rena Da Frina menjelaskan progres pekerjaan Jembatan Otista sudah berjalan 3,5 persen, deviasi positif 1,5 persen dari yang ditargetkan.

Pihak pelaksana sudah mengangkut seluruh bagian struktur sebelah kiri Jembatan Otista yang dibangun tahun 1970-an. Sementara struktur pertama jembatan yang sempat disoal tetap dipertahankan dan menjadi akses mobilisasi alat berat selama proses pembangunan berlangsung.

“Progres yang sedang berjalan di antaranya kegiatan bekisting dan pembesian untuk bor pile. Kami juga sedang memesan balok girder yang nantinya menjadi tiang jembatan,” bebernya kepada Radar Bogor.

Rena menggaransi balok girder tersebut sudah diuji secara teknis, dan ia menargetkan pemesanan balok girder rampung pada akhir Juli 2023 mendatang.

“Memang di tahap awal bobotnya sedikit dan terkesan lama. Tapi nanti perhitungannya besar saat balok girder itu datang dan terpasang. Bobot progresnya bisa 30 persen,” jelas Rena.

Meski struktur lama Jembatan Otista dipertahankan, bangunan itu tidak akan menjadi fondasi jembatan baru. Sebab jembatan ini nantinya berdiri dengan fondasi baru di atas struktur ini.

Baca Juga : Dukung Pembangunan Jembatan Otista, Berharap Bogor Lebih Lancar

Kondisi ini pun akan membuat elevansi jembatan naik 1,7-2,5 meter. Rena menggaransi perubahan ini tidak akan merubah target waktu dan biaya pekerjaan.

“Bisa dikerjakan malam. Tapi dengan syarat tidak membuat kegaduhan bagi warga sekitar. Tapi kalau pengeboran tidak mungkin malam, karena bahaya juga untuk para pekerja,” tutur dia. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep