25 radar bogor

Mulai Rusak, Perbaikan Jembatan Sempur Diambil Alih Dinas PUPR

Petugas dari Dinas PUPR memperbaiki bagian Jembatan Sempur yang rusak dan mengkhawatirkan di Kota Bogor, Kamis (25/5). (Radar Bogor/Sofyansyah)

BOGOR-RADAR BOGOR, Kerusakan yang terjadi pada dinding abutmen Jembatan Sempur akibat terpaan aliran Sungai Ciliwung membuat jembatan ini tampak mengkhawatirkan.

Apalagi, jembatan tersebut saat ini menjadi akses utama bagi warga dan berperan penting dalam rekayasa lalu lintas imbas dari penutupan Jalan Otista.

Baca Juga: Kondisi Jembatan Sempur Mengkhawatirkan, Dorong Pemkot Lakukan Perbaikan

Ketua Forum Pemerhati Jasa Konstruksi dan Pembangunan (FPJKP), Thoriq Nasution mengatakan hasil kajian yang dilakukannya menunjukkan bahwa saat ini kondisi Jembatan Sempur semakin mengkhawatirkan.

“Ini terlihat dengan terjadinya pengeroposan pada dinding abutment as jembatan di beberapa titik dan juga adanya patahan pada realing beton jembatan sebelah barat,” bebernya kepada Radar Bogor, Kamis (25/5)

Thoriq menjelaskan patahan tersebut terjadi karena adanya kerusakan pada sayap jembatan bagian bawah yang disebablan gerusan air yang masuk ke drainase akibat adanya kerusakan pada drainase.

Menjawab kondisi ini, langkah penanganan pun dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor. Perbaikan dengan pembangunan kembali dinding abutmen dilakukan untuk memperkuat kembali bagian bawah jembatan.

Kepala Dinas PUPR Kota Bogor, Rena Da Frina mengungkapkan, sebetulnya kewenangan perbaikan dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PSDA). Namun untuk mempercepat penanganan kerusakat, perbaikan dilakukan oleh pihaknya.

“Kami khawatir ada dampak yang lebih besar. Namun perbaikan ini sebelumnya sudah kami laporkan karena kewenangannya ada di sana,” ucap Rena kepada Radar Bogor, Kamis (25/5).

Baca Juga: Batal Bulan Ini, Revitalisasi Lapangan Sempur Diundur

Dirinya menjelaskan perbaikan tersebut bersifat preservasi dan berlangsung secara situasional atau ketika ada kerusakan saja.

Perbaikan dilakukan oleh Bidang Pemeliharaan Jalan, Saluran, dan Jembatan menggunakan anggaran rutin yang dicadangkan untuk pemeliharaan.

Rena menggaransi pemeliharaan tidak akan merubah bentuk asli Jembatan Sempur yang menurut informasi dibangun sejak tahun 1850-an. (*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto