25 radar bogor

Tinjau Pembangunan Ulang Pasar Jambu Dua, Bima : Desember Sudah Selesai

Pasar Jambu Dua
Bima Arya saat meninjau proses pembangunan ulang Pasar Jambu Dua, Selasa (23/5/2023).

BOGOR-RADAR BOGOR, Wali Kota Bogor, Bima Arya meninjau progres pembangunan ulang Pasar Jambu Dua yang saat ini masih dalam proses pembongkaran bangunan eksisting, Selasa (23/5/2023).

Baca Juga : Terima Tim Pembina KKS Jabar, Bima Arya : Jadi Bahan Evaluasi Perbaikan Sistem

Didampingi Dirut Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ), Muzakkir dan Kepala Dinas KUKM Dagin, Atep Budiman, Bima Arya melihat proses pembongkaran dan titik-titik lokasi pembangunan Pasar Jambu Dua, termasuk akses jalan pengunjung, lokasi pedagang, lahan parkir dan jalur transportasi umum.

Bima Arya mengatakan revitalisasi Pasar Jambu Dua ini adalah bagian dari program penataan pasar secara menyeluruh di Kota Bogor. “Saya cek, Insya Allah sesuai jadwal. Selambat-lambatnya di bulan Desember sudah selesai,” katanya.

Penataan pasar secara menyeluruh ini yang dimulai dari pembangunan Pasar Jambu dua ini memiliki keterkaitan dengan pasar lainnya.

Karena Pasar Jambu Dua yang sebelumnya menampung kurang lebih 300 pedagang eksisting juga akan menampung seluruh pedagang di Pasar Bogor.

“Iya jadi nanti di Pasar Bogor ini akan dibongkar di bulan Oktober atau November, kemudian pedagang di sana diberikan opsi untuk pindah ke sini. Jumlahnya sekitar 800-an. Jadi total ada sekitar 1.000-an,” katanya.

Ia berharap proses pembangunan Pasar Jambu Dua tepat waktu sesuai rencana yang sudah ditargetkan, untuk kemudian dilanjutkan dengan pembongkaran Pasar Bogor. Sehingga lanjut Bima Arya ke depan di Plaza Bogor dan Pasar Bogor tidak lagi digunakan sebagai pasar.

Untuk menarik lebih banyak pengunjung dan membuat nyaman pengunjung lanjut Bima Arya, Pasar Jambu Dua ini dikonsep sebagai pasar bersih atau pasar modern dengan penataan di dalam pasar, jalur pengunjung, area parkir, jalur transportasi umum, serta bongkar muat dan sebagainya.

Selama proses pembongkaran ini para pedagang di Pasar Jambu dua masih berjualan tak jauh dari lokasi pasar.

Dirut Perumda PPJ, Muzakkir mengatakan, saat ini para pedagang berjualan di area samping dan belakang pasar di tempat penampungan sementara.

Saat ini lanjut Muzakkir, pembangunan Pasar Jambu Dua masih dalam tahap pembongkaran bangunan eksisting.

Baca Juga : 8 Atlet Inline Skate Kota Bogor Bertanding di Semarang, Bima Arya Beri Motivasi

“Pembongkaran pasar lama ini rencananya akhir Mei ini selesai, akan dilanjutkan dengan pembangunan pasar,” jelasnya.

Pembangunan Pasar Induk Jambu Dua ini lanjut Muzakkir ditargetkan rampung pada Desember 2023. “Nanti total pedagang Pasar Induk Jambu Dua ini ada 1.141 pedagang,” katanya. (adv)

Editor : Yosep