25 radar bogor

Intip Peluang di Era Digital yang Bisa Hasilkan Cuan…

literasi digital

BOGOR-RADAR BOGOR, Ada beberapa peluang pekerjaan di era digital saat ini. Bahkan, bisa dilakukan cukup dengan di rumah saja.

Hal itu dibahas lewat webinar Ngobrol Bareng Legislator bertajuk Kemampuan Digital yang Dicari Saat Ini, Selasa 23 Mei 2023.

Maulani Hidayati Surya, jurnalis yang menjadi narasumber menjelaskan, Indonesia sudah memasuki era bonus demografi.

Belum lama ini, Indonesia juga dilanda pandemi Covid-19 yang tentunya memiliki dampak. Salah satu dampaknya adalah banyak yang menganggur akibat putus kerja.

Meski demikian, di era digital saat ini terdapat beberapa peluang pekerjaan yang bahkan bisa dilakukan di rumah saja.

Beberapa peluang tersebut di antaranya freelance, bisnis e-commerce, dropshipper, digital marketing, programmer, konsultan, hingga event planner.

“Kita juga dapat menambah skill karena ekonomi digital juga butuh talenta digital yang bijak, kreatif dan cakap dalam digital,” ujarnya.

Dosen Fisip UPN Veteran Jakarta, Rizky Hikmawan mengatakan, skill digital pada dasarnya merupakan kemampuan untuk menggunakan alat atau media tertentu berbasis digital untuk menunjang atau bahkan mengembangkan pekerjaan.

“Tidak semua skill digital perlu dikuasai, minimal mampu menggunakan perangkat digital, aplikasi komunikasi digital, dan jaringan guna mengakses sekaligus mengatur informasi atau data,” katanya.

Selanjutnya, Anggota Komisi I DPR RI, Hasanuddin berpesan agar transformasi digital yang dirasakan saat ini harus dimaknai dengan sebaik-baiknya dan  bertanggung jawab.

Data menunjukan betapa besarnya potensi digital saat ini. Semakin besar penetrasi masyarakat kepada digital, akan menjadikan potensi cakap digital masyarakat juga besar.

“Masyarakat Indonesia harus bisa memanfaatkan momentum ini dengan baik dan bertanggung jawab,” pesannya.

Sementara itu, Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, dampak pandemi dan pesatnya teknologi telah mengubah cara beraktivitas dan bekerja. 

Kehadiran teknologi sebagai bagian dari kehidupan masyarakat ini semakin mempertegas era disrupsi teknologi. 

Untuk mengahadapi hal tersebut, semua pihak harus mempercepat kerjasama dalam mewujudkan agenda trasformasi digital Indonesia. 

“Bersama-sama wujudkan cita-cita bangsa Indonesia dengan menjadikan masyarakat madani berbasis teknologi,” katanya. 

Ia meyakini kemampuan yang kita miliki serta keunggulan yang terus dijaga akan membawa bangsa Indonesia menjadi bangsa yang hebat dan besar serta menjadi unggul dalam SDM. (ran)