25 radar bogor

Fitur Swacam PLN Mudahkan Pelanggan Pantau Penggunaan Listrik

PLN

BOGOR-RADAR BOGOR, PT PLN (Persero) memiliki layanan swacam atau catat meter mandiri melalui aplikasi PLN Mobile, untuk memudahkan pelanggan dalam memantau penggunaan listriknya.

Baca Juga : Ratusan Ribu Pelanggan PLN Jabar Manfaatkan Catat Meter di PLN Mobile

Layanan baca meter mandiri sudah bisa mengakomodir tarif blok, yaitu tarif yang diberikan pada batasan pemakaian tertentu. Layanan swacam PLN ini sangat membantu bagi pelanggan dengan posisi kWh meter berada di dalam rumah tinggal dengan pagar yang tinggi atau bagi pelanggan yang menginginkan privasi tanpa dikunjungi oleh petugas baca matar.

Tidak hanya itu, layanan yang tersaji di PLN Mobile ini, sudah mengikuti perhitungan yang didasarkan pada pada 40 jam nyala, baik tarif blok dan rekening minimum sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM Nomor 28 Tahun 2016. Dengan lapor mandiri, angka yang dicatat oleh pelanggan akan diproses dan diveriikasi oleh tim back office sebagai dasar tagihan listrik di bulan berikutnya.

Irwanto Wahyu Kusumo, Manager PLN UP3 Bogor mengatakan, layanan catat meter mandiri melalui PLN Mobile bisa menjadi salah satu solusi agar pelanggan bisa memperkirakan pemakaian listrik setiap bulan. Dengan begitu, pelanggan dapat mengontrol sendiri pemakaian listrik bulanan.

“Pencatatan meter mandiri dapat dilakukan antara tanggal 23 sampai dengan 27 setiap bulannya dan khusus untuk pelanggan pascabayar atau bayar bulanan. Sebanyak 15.927 pelanggan di PLN UP3 Bogor sudah memanfaatkan fitur ini. Penggunaannya mudah, pelanggan tidak akan kesulitan,” ujarnya.

Berikut cara membaca meter mandiri melalui swacam:

  1. Buka aplikasi PLN Mobile
  2. Pilih menu Catat Meter
  3. Pilih Id Pelanggan
  4. Foto angka stand meter yang ada di kWh meter
  5. Masukkan angka stand meter, dan kirim.

Setelah melakukan hal di atas, maka estimasi biaya tagihan rekening listrik juga akan muncul. Kemudian, tagihan listrik akan keluar setiap awal bulan berikutnya. Pembayaran listriknya pun bisa dilakukan melalui Aplikasi PLN Mobile.

Irwanto berharap, pelanggan PLN yang belum memiliki aplikasi PLN Mobile dapat mengunduhnya di AppStore maupun PlayStore, karena segala informasi dan kebutuhan terkait kelistrikan bisa diakses kapan saja dan dimana saja.

“Layanan yang tersedia di PLN Mobile seperti permohonan pasang baru, ubah daya, bayar tagihan, pengaduan, sampai baca meter mandiri bisa memudahkan pelanggan PLN karena tidak repot lagi untuk melakukan transaksi kelistrikan,” pungkasnya.

Baca Juga : Lakukan Pemeliharaan Listrik Tanpa Padam, PLN Selamatkan 11 Juta kWh

Pada kesempatan terpisah, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat, Susiana Mutia menyampaikan bahwa dengan melakukan catat meter mandiri, pelanggan dapat melaporkan pemakaian listrik sendiri tanpa kunjungan petugas.

Ini adalah bentuk komitmen PLN memberikan layanan terbaik bagi pelanggan sesuai dengan aspirasi transformasi perusahaan, yaitu Customer Focused. (adv)

Editor : Yosep