25 radar bogor

Bima Janji Pasar Jambu Dua yang Baru Lebih Bersih dan Modern

Pembongkaran Pasar Jambu Dua
Pembongkaran Pasar Jambu Dua. Bima menjamin Pasar Jambu Dua yang baru nanti lebih bersih dan modern. REKA/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Proyek Pasar Jambu Dua memasuki tahap pembangunan. Sejak mulai dibongkar pada Maret lalu proses pembongkaran ditargetkan selesai pekan depan.

Baca Juga : Tinjau Pembangunan Ulang Pasar Jambu Dua, Bima : Desember Sudah Selesai

Wali Kota Bogor, Bima Arya menyebut setelah proses pembongkaran rampung progress akan masuk ke tahap pembangunan.

Pembangunan Pasar Jambu Dua merupakan upaya Pemerintah Kota Bogor menghilangkan pasar basah di pusat kota. Pasar Jambu Dua dibuat lebih besar sehingga bisa menampung seluruh pedagang Pasar Bogor yang akan dibongkar di akhir tahun nanti.

Untuk menarik lebih banyak pengunjung Bima Arya mengatakan, Pasar Jambu Dua dikonsep sebagai pasar bersih atau pasar modern. Pasar jambu dua juga akan memerhatikan penataan di dalam pasar, jalur pengunjung, area parkir, jalur transportasi umum, serta bongkar muat.

“Pasar Bogor akan pada bulan Oktober atau November. Pedagang di sana diberikan opsi untuk pindah ke sini (Pasar Jambu Dua). Jumlahnya sekitar 800-an. Jadi total ada sekira 1.000-an,” ujarnya saat ditemui Radar Bogor di Kecamatan Bogor Tengah, Selasa (23/5/2023).

Bima berjanji, proyek revitalisasi Pasar Jambu Dua dapat rampung Desember 2023 mendatang. “Insyaallah sesuai jadwal, selambat-lambatnya di bulan Desember sudah selesai,” garansinya.

Direktur Utama Perumda Pasar Pakuan Jaya, Muzakkir mengungkapkan hingga saat ini proyek revitalisasi Pasar Jambu Dua masih di tahap pembongkaran bangunan eksisting. Dirinya menargetkan pembongkaran rampung di akhir bulan Mei 2023.

Baca Juga : Pekan Depan, Pembangunan Pasar Jambu Dua Dimulai

“Nanti total pedagang di Pasar Induk Jambu Dua ini ada 1.141 pedagang. Selama proyek revitalisasi berlangsung 320 pedagang Jambu Dua dipindahkan ke Tempat Penampungan Sementara (TPS) yang berada di belakang bangunan pasar lama,” terang dia.

Muzakkir menjelaskan, revitalisasi Pasar Jambu Dua tidak didanai oleh APBD melainkan melalui dana investor yamg diperkirakan akan menghabiskan anggaran Rp65-70 miliar. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep