25 radar bogor

472 Calon Jemaah Haji Kabupaten Bogor Mulai Diberangkatkan

Ilustrasi. Sebanyak 3.530 jemaah haji asal Kabupaten Bogor akan diberangkatkan pada tahun 2023 ini. (Radar Bogor/Hendi Novian)

CIBINONG-RADAR BOGOR, Sebanyak 472 calon jemaah haji asal Kabupaten Bogor mulai diberangkatkan. Rombongan jemaah kloter 4 itu dilepas langsung Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Rabu (24/5).

Iwan berpesan untuk selalu memperhatikan aspek kesehatan selama perjalanan haji di Arab Saudi. Terlebih kondisi di sana berbeda dengan di Indonesia.

Baca Juga: Kemenag Sebut 4.460 Jemaah Calon Haji Jawa Barat Belum Lunasi Biaya Haji

“Di sana, cuacanya jauh lebih panas, sehingga seluruh jemaah harus dapat menyesuaikan diri. Pemerintah telah menyiapkan para petugas untuk memberikan layanan kesehatan bagi jemaah,” ucapnya.

Menurutnya, jumlah jemaah lanjut usia (lansia) di tahun lebih banyak dari tahun sebelumnya. Untuk itu, pihaknya berkomitmen untuk memberikan layanan kesehatan terbaik bagi seluruh jemaah.

“Saya juga minta kepada seluruh warga Kabupaten Bogor untuk bersama-sama memberikan kepedulian kepada para jemaah lansia yang ada dalam rombongan kita. Kita doakan jemaah Bogor ini semua bisa sehat dan selamat,” pinta Iwan Setiawan.

Dia juga mengimbau untuk membawa barang seperlunya sesuai yang dibutuhkan selama beribadah haji. Hindari membawa barang yang tidak ada kaitannya dan tidak mendukung jemaah dalam beribadah.

Meski saat ini sudah masuk tahun politik, tidak perlu membawa atribut-atribut partai atau organisasi.

“Tahun ini kita memasuki tahun politik untuk itu, tidak boleh membawa atribut seperti mengibarkan bendera politik dan menyebut calon di depan Masjidil Haram. Mendoakan boleh tetapi tidak sampai diunggah di sosial media,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bogor, Ahmad Syukri mengungkapkan, Kloter 4 JKS merupakan kloter pertama jemaah haji asal Kabupaten Bogor.

Adapun Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) yang tergabung dalam kloter 4 berasal dari KBIH Assalam sebanyak 125 orang, Al Hikmah 184 orang, Al Kautsar 41 orang, dan Al Huda 32 orang, Islamis 68 orang, dan jumlah jemaah mandiri sebanyak 22 orang. Dengan total laki-laki sebanyak 255 orang dan perempuan sebanyak 217 orang.

Baca Juga: Tekan Kematian Jemaah Haji, Kemenkes Bentuk Tim Medis Darurat

Para jemaah kloter 4 akan tinggal di wilayah masjid yang ini tidak jauh dari Masjidil Haram dan merupakan gedung yang terbaik dari yang pernah ada selama pelaksanaan ibadah haji. Mereka akan tinggal selama 40 hari di tanah suci dengan mendapatkan sekitar 120 kali konsumsi makan atau tiga kali dalam sehari.

“Mereka akan melaksanakan ibadah haji dan pulang atas izin Allah dalam keadaan mabrur dengan keadaan selamat, pada tanggal 5 Juli 2023 dan landing sepenuhnya dari Bandara Soekarno-Hatta pukul 16.05 WIB,” tandasnya.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto