25 radar bogor

Ikut Senam Jantung RS Ummi, Sekda Ajak Warga Hidup Sehat dengan Olahraga

Senam Jantung
Rumah Sakit Ummi menggelar Gebyar Senam Jantung dan Heart Talk Kesehatan Jantung di Lapangan Sempur, Kota Bogor, Sabtu (20/5/2023)

BOGOR-RADAR BOGOR, Rumah Sakit Ummi menggelar Gebyar Senam Jantung dan Heart Talk Kesehatan Jantung di Lapangan Sempur, Kota Bogor, Sabtu (20/5/2023), dalam rangkaian Milad RS Ummi ke-10.

Baca Juga : Sekda Ajak Serasi Bantu Tangani Stunting dan Pengendalian Inflasi

Gebyar senam jantung dan heart talk kesehatan jantung yang dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah ini diikuti ratusan peserta yang merupakan ibu-ibu dari komunitas senam.

“Kita sama-sama olahraga untuk menyehatkan jantung kita. Ibu-ibu semua harus sehat,” ujar Sekda Kota Bogor, Syarifah Sofiah.

Sekda mengatakan, Kota Bogor sudah banyak menyediakan tempat untuk warga berolahraga. Di antaranya Lapangan Sempur yang sudah dimanfaatkan warga untuk berolahraga dan di 2022 lalu Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor sudah membangun tiga lapangan olahraga di tiga kecamatan. Sebut saja kecamatan Bogor Selatan, Bogor Utara dan Bogor Barat.

“Pemkot juga merapikan pedestrian agar warga jadi lebih banyak bergerak, berolahraga dan mau jalan kaki,” jelasnya.

Ia menjelaskan, dengan banyak bergerak dan berolahraga, maka tubuh akan menjadi lebih sehat. Sebab, saat ini banyak diantara teman atau saudara terdekat yang meninggal karena stroke dan sakit jantung.

Penyakit ini harus diwaspadai karena kematian yang disebabkan stroke merupakan penyebab kematian nomor satu dan sakit jantung penyebab kematian  nomor sepuluh di Kota Bogor.

“RS Ummi tidak hanya mengobati tapi juga membangun promotif dan preventifnya melalui senam jantung sehat, ini juga sebagai pencegahan agar tidak obesitas, kolesterol dan diabetes,” katanya.

Saat ini Universal Health Coverage (UHC) BPJS Kesehatan Kota Bogor sudah mencapai 96,93 persen. Artinya hampir seluruh warga Kota Bogor sudah di cover BPJS Kesehatan.

Baca Juga : Ayo Sub-PIN Polio Kedua, Mulai 22-29 Mei 2023

Ia pun memastikan rumah sakit di seluruh Kota Bogor menerima pasien BPJS dan hanya tinggal dua rumah sakit lagi yang sedang proses menerima pasien BPJS.

“Semoga tahun depan bisa mencapai UHC 98 persen. Tapi saya lebih senang kalau melihat semua warga Kota Bogor sehat dan berolahraga bersama,” katanya. (adv)

Editor : Yosep