25 radar bogor

Ferdy Sambo Cs Belum Menyerah, Kompak Ajukan Kasasi

Ferdy Sambo
Banding Ferdy Sambo ditolak hakim. Ia tetap divonis hukuman mati.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Ferdy Sambo nampaknya belum menyerah meski sudah divonis hukuman mati. Mantan Kadiv Propam Polri itu, berusaha menempuh upaya hukum agar lolos dari jeratan pidana mati dalam kasus pembunuhan Brigadir Yosua.

Baca Juga : Banding Ditolak, Ferdy Sambo Tetap Dihukum Mati

Untuk itu, Ferdy Sambo telah mendaftarkan kasasi pada 12 Mei 2023. Selain Sambo, Putri Candrawathi juga mengajukan kasasi pada 9 Mei 2023. Kemudian Kuat Ma’ruf mengajukan pada 15 Mei 2023.

“Permohonan kasasi tersebut diajukan oleh Penasehat Hukum masing-masing ke kepaniteraan pidana PN Jaksel,” kata Pejabat Humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Djuyamto dalam keterangan tertulis, Senin (22/5/2023).

Selanjutnya, para pemohon harus melengkapi berkas perkara. Kemudian berkas tersebut akan disidangkan oleh hakim agung di tingkat Mahkamah Agung (MA).

“Sesuai ketentuan hukum acara, maka dalam tenggang waktu 14 hari sejak permohonan kasasi diajukan, Pemohon Kasasi wajib menyerahkan Memori Kasasi masing-masing,” jelas Djuyamto.

Sebelumnya, Majelis Hakim Pengadilan Tinggi DKI Jakarta menolak banding yang diajukan oleh terdakwa Ferdy Sambo dalam kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. Dengan begitu, putusan Pengadilan Tinggi menguatkan vonis pidana mati dari Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

“Memori banding dari penasihat hukum Ferdy Sambo harus dikesampingan. Putusan terdakwa Ferdy Sambo telah dipertimbangkan benar secara hukum untuk itu dapat dikuatkan,” kata Hakim Ketua Singgih Budi Prakoso dalam persidangan di Pengadilan Tinggi Jakarta, Rabu (12/4/2023).

Baca Juga : Siap Gantikan Ferdy Sambo Dihukum Mati, Perempuan Ini Diburu Netizen

Hakim Pengadilan Tinggi menilai jika putusan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan telah benar. Sehingga penjatuhan pidana mati terhadap Sambo dikuatkan pada tingkat banding. “Telah dipertimbangkan secara menyeluruh dan sudah tepat dan benar secara hukum,” ucap Hakim Singgih.

Selain itu, Hakim Pengadilan Tinggi DKI Jakarta juga menolak banding yang diajukan oleh Putri Candrawathi, Ricky Rizal dan Kuat Ma’ruf. Mereka masing-masing tetap divonis 20 tahun penjara, 13 tahun penjara, dan 15 tahun penjara. (jpg)

Editor : Yosep