25 radar bogor

DPMD Kembali Temukan Desa Tak Kerjakan Program Samisade

Kepala DPMD Kabupaten Bogor, Renaldi Yushab Fiansyah. (Radar Bogor/Jaenal Abidin)

CIBINONG-RADAR BOGOR, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bogor kembali menemukan laporan pembangunan jalan di Desa Cidokom Rumpin yang bermasalah. Bahkan, terindikasi tidak mengerjakan program Samisade dari Pemkab Bogor.

“Untuk Desa Tonjong (yang sebelumnya bermasalah) kalau dari sisi inspektoratnya ada potensi pengembalian uang dan mereka masih memberikan waktu batas tertentu,” kata Kepala DPMD Kabupaten Bogor, Renaldi Yushab Fiansyah, Senin (22/5).

Baca Juga: Jalan Rusak Tak Dibenahi, Kades Tonjong Bakal Diperiksa Polisi

Dia mengatakan, pernyataan untuk bersedia mengembalikan uang telah dibuat oleh Kepala Desa Tonjong. Pihaknya pun terus mengawasi tindak lanjut dari pernyataan tersebut.

Meski begitu, pihaknya mendapati informasi desa lain yang memiliki masalah serupa. Misal, Desa Cidokom di Kecamatan Rumpin.

“Iya di Desa Cidokom (juga sama). Sekarang kami dengan inspektorat ada potensi pengembalian dan harus mengembalikan,” ungkapnya.

Ia sangat menyayangkan jika kades tidak bisa melaporkan hasil pekerjaannya. Hal itu akan berdampak terhadap desa yang tidak akan mendapatkan bantuan lagi.

“Saya meminta teman-teman di wilayah dan camat memaksimalkan aspek pengawasan,” tekannya.

“Karena dia tidak bisa melaporkan kegiatan, otomatis tidak bisa memenuhi persyaratan pada saat usulan. Tapi, keduanya ada peluang kalau pengembaliannya selesai,” sambung dia.

Baca Juga: Minta Lanjutkan Proyek Jalan Tonjong Selama Dua Pekan

Lebih lanjut, ia menuturkan harus ada pengembalian jika tidak ada pekerjaan. PTanpa pengembalian tersebut, bisa berpotensi masuk ke ranah hukum berupa penggelapan.(*)

Reporter: Jaenal Abidin
Editor: Imam Rahmanto