25 radar bogor

Pembongkaran Jembatan Otista, Bima Arya: Ada Bagian yang Dipertahankan

Jembatan Otista Kota Bogor.

BOGOR-RADAR BOGOR, Pembongkaran Jembatan Otista di Kota Bogor dipastikan hanya dilakukan sebagian. Lantaran ditemukan bagian jembatan yang diduga merupakan cagar budaya.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Wali Kota Bogor Bima Arya.

Baca Juga: Komisi III Minta Pembongkaran Jembatan Otista Ditunda Sementara, Ini Alasannya

“Iya. Begini, kalau soal status, itukan semua ada tahapannya. Jadi, Jembatan Otista ini tidak masuk kategori yang sudah ditetapkan (bangunan Cagar Budaya, red). Ya karena tidak ada prosesnya,” kata Bima Arya, Minggu (21/5).

Kendati demikian, selain menargetkan untuk pelebaran jembatan, sedari awal juga harus ada penghormatan pada jembatan yang dibangun sekitar pada 1920 tersebut. “(Ini bagian dari) ikhtiar untuk menjaga warisan masa lalu,” imbuhnya.

Untuk itu, ada bagian-bagian struktur bangunan jembatan yang diupayakan untuk dipertahankan, termasuk bagian lengkungan.

“Jadi gak ada masalah sama sekali. Pembangunan terus berjalan sesuai dengan target malah. Saya usahkan lebih cepat dari bulan Desember malah kalau bisa ada bagian-bagian yang dipertahankan untuk menjaga ciri khas Jembatan Otista itu,” ungkap dia.

Baca Juga: Dibongkar Total, Ini Alasan Jembatan Otista Bukan Diperlebar Kiri-Kanan

Wali Kota dua periode ini sepakat pembangunan Jembatan Otista dapat mempertahankan ciri khas bangunan yang lama.

Sebelumnya, Komisi III DPRD Kota Bogor melakukan inspeksi medadak (sidak) ke proyek pembangunan Jembatan Otista. Pembangunan sempat ditunda karena polemik adanya dugaan cagar budaya pada bagian Jembatan Otista.(*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto