25 radar bogor

Jawab Tantangan Bima Arya, Rektor Baru IBI Kesatuan Siap Sokong Pariwisata Kota Bogor

IBI Kesatuan
Wali Kota Bogor Bima Arya, pada upacara serah terima jabatan Rektor IBI Kesatuan, Sabtu (20/5/2023). REKA/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Pucuk pimpinan Institut Bisnis dan Informatika atau IBI Kesatuan berpindah tangan. Kursi rektor yang sebelumnya diduduki Prof Moermahadi Soerdja Djanegara, kini ditempati Prof Bambang Pamungkas.

Baca Juga : IBI Kesatuan Wisuda 826 Sarjana dan Ahli Madya, Meningkat 16% dari Tahun Sebelumnya 

Di masa kepemimpinannya, Bambang berkomitmen akan terus berupaya mewujudkan visi IBI Kesatuan yakni menjadi perguruan tinggi yang unggul dan berkualitas di bidang bisnis, informatika, serta pariwisata di tingkat internasional.

“Memang bukan hal mudah melanjutkan prestasi ini. Namun saya bersama jajaran dan dukungan pembina serta pengurus yayasan akan berusaha melanjutkan karya besar pimpinan pendahulu. Kami juga akan meningkatkan pelayanan prima dan kualitas pendidikan di kampus ini,” ujarnya pada upacara serah terima jabatan, Sabtu (20/5/2023).

Dirinya pun siap menjawab tantangan Wali Kota Bogor, Bima Arya yang meminta IBI Kesatuan menyokong pariwisata Kota Bogor melalui Sumber Daya Manusia (SDM) yang dihasilkan.

“Kami memiliki jurusan pariwisata, manajemen perhotelan, tourguide, hingga soal makanan. Kami siap menangkap peluang itu lewat pendidikan yang dimiliki sehingga berpartisipasi memajukan pariwisata Kota Bogor,” tegasnya.

Berbagai kerja sama pernah terjalin antara Pemerintah Kota Bogor dan IBI Kesatuan terutama sejak 2014. Misalnya soal pendampingan UMKM, tim seleksi pejabat, dan program magang.

Di samping melanjutkan kerja sama itu, Bima juga meminta secara khusus agar IBIK memenuhi permintaan pasar jurusan pariwsata di segala aspeknya

“Ke depan pariwisata akan terus menjadi tumpuan Kota Bogor. Maka jurusan pariwisata harus bisa memenuhi permintaan itu. Begitu pula dengan upaya kami menjemput era digital,” ucap Bima.

Dirinya berharap IBI Kesatuan yang berada di jantung Kota Bogor bisa menjadi bagian dalam penataan pusat kota baik secara infrastruktur maupun SDM.

Baca Juga : Perkuat Sistem Pengembangan Usaha Kelompok UPPKS Matahari, Ini yang Dilakukan IBI Kesatuan

Rektor IBI Kesatuan sebelumnya Prof Moermahadi Soerdja Djanegara, berpesan, perlu adanya gebrakan inovatif dan konsisten dalam meningkatkan penelitian dan pengabdian ke masyarakat.

Hal itu menurutnya akan menghasilkan publikasi ilmiah dan jurnal-jurnal nasional maupun internasional yang bereputasi. “Ini menjadi sarana penyebaran hasil penelitian dan pengabdian secara luas, sehingga dapat memberikan manfaat kepada masyarakat,” terangnya. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep