25 radar bogor

Tempe Azaki Inovasi dari IPB, Tembus Ekspor Sampai Jepang

Tempe Azaki yang menjadi inovasi dari Peneliti sekaligus Guru Besar Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Prof Made Astawan. (ist)

BOGOR-RADAR BOGOR, Tempe merupakan satu-satunya produk olahan kedelai asli warisan budaya bangsa Indonesia. Sedangkan tahu, kecap, tauco, dan lain-lain adalah budaya asing yang diadopsi oleh masyarakat.

Saat ini, tempe telah dikenal di seluruh nusantara dan diadopsi ke dalam berbagai resep masakan setempat.

Baca Juga: P2SDM IPB University Wisuda 29 Warga Desa Neglasari Dramaga, Pertama di Indonesia

Peneliti sekaligus Guru Besar Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Prof Made Astawan telah membuktikan bahwa tempe dapat mencegah berbagai macam penyakit. Diantaranya diabetes melitus, hipertensi, kolesterol tinggi, penyakit jantung, dan osteoporosis.

Tempe Azaki adalah Tempe segar dan beku higienis yang dikemas dengan tampilan menarik serta telah tersertifikasi SNI, HACCP, BPOM dan HALAL.

Tempe ini diolah secara modern dengan menerapkan konsep Good Manufacturing Practices (GMP).

Hasilnya berupa tempe berkualitas, putih bersih, tanpa kulit, dengan cita rasa gurih khas kacang kedelai bermutu, serta kaya zat gizi dan komponen bioaktif yang penting untuk kesehatan.

“Keunggulan Tempe Azaki yakni bersih tanpa kulit, tekstur padat dan rasa gurih, tekstur kacang renyah, dan kemasan food grade yang menarik,” ungkap Made Astawan dalam keterangan diterima Radar Bogor, Jumat (19/5).

Salah satu mitra UKM tempe binaan Prof Made adalah Rumah Tempe Azaki Bogor yang memproduksi tempe dengan merek dagang “Tempe Azaki”.

Tempe Azaki merupakan salah satu bisnis dari PT Azaki Food Internasional yang tergabung dalam Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB). Tempe Azaki merupakan salah satu dari empat hasil penelitian pangan berbasis protein yang di-launching oleh Tim Peneliti IPB University.

Berkat binaannya, Rumah Tempe Azaki Bogor yang berdiri sejak tahun 2019 telah berhasil menjadi suplier tempe untuk diekspor ke Jepang sejak Juni 2021.

Baca Juga: FK IPB University Fokus pada Kedokteran Agromaritim dengan Pendekatan One Health

Keberhasilan ekspor tempe ke Jepang ini difasilitasi oleh PT Arumia Kharisma Indonesia yang bekerjasama dengan Kobe Bussan Co. Ltd. di Jepang.

Keberhasilan ekspor tempe ke Jepang ini diharapkan menjadi kunci sukses untuk ekspor ke negara-negara lainnya. Karena sejak Juli 2022, Rumah Tempe Azaki juga berhasil memperluas pasarnya ke Korea Selatan, dan sejak Februari 2023 melakukan ekspor ke Taiwan.(*/ysp)

Editor: Imam Rahmanto