logo-radar-bogor

Semifinal Liga Europa 2023 : AS Roma Lolos ke Final, Juventus Tersingkir

AS Roma
AS Roma berhasil melaju ke final Liga Europa 2023, sementara Juventus tersingkir setelah dikalahkan Sevilla.

LEVERKUSEN-RADAR BOGOR, Dua klub Itali mendapatkan hasil berbeda pada semifinal Liga Europa 2023 Jumat (19/5/2023) dini hari. AS Roma lolos ke final setelah menyingkirkan Bayer Leverkusen dengan agregat 1-0. Sedangkan, Juventus tersingkir setelah dikalahkan Sevilla dengan agregat 3-2.

Baca Juga : AS Roma Juara Liga Konferensi Eropa, Jose Mourinho Ukir Rekor Baru

Final Liga Europa ini menjadi yang kedua untuk AS Roma secara berturut-turut ditembus, usai musim sebelumnya mereka berhasil melaju ke partai final UEFA Conference League.

I Giallorossi mengalahkan Bayer Leverkusen dengan agregat 1-0 dan akan menghadapi Sevilla di partai final Liga Europa yang akan digelar di Budapest akhir Mei 2023 ini.

Di babak kedua pelajar versus master, Jose Mourinho memberikan taktik masterclass melawan mantan pemainnya Xabi Alonso, yang timnya gagal mencetak satu gol pun melawan klub ibu kota.

Duduk dengan keunggulan satu gol, pendekatan AS Roma tidak mengejutkan siapa pun. Klub berjuluk serigala ibu kota itu, lebih dari bersedia untuk memberikan tuan rumah sebagian besar kepemilikan.

Florian Wirtz adalah outlet serangan utama untuk Bayer dan menciptakan banyak peluang mencetak gol.

Pemain berusia 20 tahun itu menghasilkan 4 peluang besar tetapi dikecewakan oleh sesama penyerang Sarder Azmoun dan Moussa Diaby.

Duo ini menggabungkan hampir selusin dari 20 tembakan tim tetapi tidak ada yang bisa mencetak gol.

Pada menit ke-70, Bayer mengumpulkan 6 tembakan tepat sasaran dibandingkan dengan nol AS Roma — meskipun demikian, klub ibu kota membungkuk tanpa putus.

Bek veteran Chris Smalling menggantikan Zeki Celik pada menit ke-78, menandai kembalinya dia ke lapangan setelah absen bulan sebelumnya karena cedera hamstring.

Sementara itu, Sevilla sukses mencapai partai final Liga Europa ketujuh mereka setelah berhasil mengalahkan Juventus di laga semifinal leg kedua dengan skor 2-1.

Sundulan Erik Lamela di masa perpanjangan waktu memberi tim asal Spanyol itu kemenangan dengan agregat 3-2 di kandang sendiri atas Juventus di leg kedua semifinal mereka.

Pertandingan berjalan cukup seru dengan menampilkan rentetan peluang dan penyelamatan luar biasa selama babak pertama yang intensitas tinggi dari awal hingga akhir.

Setelah kiper tuan rumah Yassine Bounou mengagalkan sundulan jarak dekat Federico Gatti, Wojciech Szczęsny menyelamatkan Juve dengan menepis sundulan Lucas Ocampos dari garis gawang.

Selain itu Szczesny juga sukses menepis upaya gemuruh Marcos Acuña dari jarak yang cukup jauh. Kepahlawanan penjaga gawang hampir terbayar saat Ángel Di María melepaskan peluang melebar.

Moise Kean kemudian melihat penyelesaian rendahnya dari sudut tajam membentur tiang saat pendulum mengayun ke arah Juve.

Dengan tim yang masih terkunci bersama, hanya tersisa dua pemain pengganti untuk mengubah permainan di babak kedua.

Dušan Vlahović melakukan penyelesaian yang tenang dengan salah satu sentuhan pertamanya setelah dimasukkan pada menit ke-63.

Akan tetapi kualitasnya disamai oleh penyelesaian gemilang Suso dari jarak jauh tujuh menit kemudian untuk membawa pertandingan ke perpanjangan waktu – meskipun tidak sebelumnya beberapa lebih baik menyimpan di kedua ujungnya.

Baca Juga : Juventus Nyaris Dikalahkan Sevilla, Allegri : Kami Membuat Kesalahan

Sevilla tidak pernah kalah dalam pertandingan semifinal di kandang dalam kompetisi ini, dan rekor luar biasa mereka diperpanjang oleh sundulan keras Erik Lamela pada menit ke-95 dari umpan silang Bryan Gil.

Dengan lima menit tersisa, Acuña dikeluarkan karena pelanggaran yang dapat dipesan kedua tetapi timnya bertahan, menyegel tempat di final Liga Europa ketujuh mereka dan akan menghadapi AS Roma di partai final. (net/dis)

Editor : Yosep