25 radar bogor

Kronologi Ricuh Timnas U-22 Indonesia vs Thailand, Lawan Tak Terima Kalah

Indra Sjafri
Indra Sjafri ditunjuk menjadi pelatih Timnas U-23 untuk Asian Games 2023.

KAMBOJA-RADAR BOGOR, Timnas U-22 Indonesia berhasil meraih emas SEA Games 2023, setelah pada laga final di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023) malam, berhasil mengalahkan Thailand dengan skor 5-2.

Baca Juga : Indonesia Raih Emas Sepakbola SEA Games 2023, Akhiri Penantian 32 Tahun

Laga final antara Timnas U-22 Indonesia vs Thailand berlangsung panas hingga berujung kericuhan. Insiden kericuhan ini terjadi di pinggir lapangan antara official pemain kedua negara

Pelatih Timnas U-22 Indonesia Indra Sjafri menceritakan kronologi terjadinya kericuhan di pinggir lapangan tersebut.

Kericuhan terjadi tepatnya setelah Indonesia mencetak gol ketiga melalui Irfan Jauhari (91′). Saat itu pemain dan offisial melakukan selebrasi yang menghadap ke banch Thailand.

Apa yang dilakukan Indonesia merupakan balasan atas aksi serupa yang lebih dahulu dilakukan bench Thailand ketika pemainnya mencetak gol penyeimbang 2-2. Berawal dari kondisi tersebut, kericuhan pun pecah.

Menurut Indra Sjafri, insiden tersebut merupakan hal yang sangat tidak perlu terjadi. Terlebih dalam olahraga sepak bola yang selalu menggaungkan fair play dan sportivitas.

“Ketika mereka mencetak skor 2-2, mereka bergegas ke arah kami untuk merayakannya sehingga keadaan menjadi tidak terkendali,” kata Indra Sjafri, dikutip dari laman 24h, Rabu 17 Mei 2023

“Kami mendapat keunggulan di gol ketiga dan segera merespons dengan merayakan di depan mereka, tapi menurut saya tindakan hari ini benar-benar tidak dapat diterima,” imbuhnya.

“Setelah pertandingan kami berbicara dan meminta maaf satu sama lain, sekarang tidak apa-apa,” sambungnya.

Meski terjadi insiden kericuhan di pinggir lapangan, Indra Sjafri meminta pemainnya di sisa waktu pertandingan mampu menjaga emosi dan bermain bersih. “Tujuannya agar insiden serupa tak terulang yang berpotensi merugikan timya,” ujarnya.

Usai kericuhan mereda, Wasit bertindak tegas dengan memberikan kartu merah ke beberapa official dan pemain dari kedua tim. Salah satunya diberikan kepada penggawa Indonesia, Komang.

“Saya mencoba memanggil semua orang kembali, mengatakan untuk menahan diri dan bermain lebih baik dari Thailand, bukan untuk bergulat dan bertarung,” tuturnya.

“Kami menang tidak hanya dengan skor tetapi juga dengan aksi, para pemain tetap tenang dan fokus untuk terus bermain,” imbuhnya.

Laga tersebut akhirnya dimenangkan Timnas U-22 Indonesia dengan skor 5-2 melalui perjuangan hingga extra time setelah di waktu normal skornya 2-2.

Baca Juga : Timnas Indonesia U-22 jadi Kebanggaan Masyarakat

Gol kemenangan Tim Garuda Muda dicetak oleh Ramadhan Sananta (21′, 45+4′), Irfan Jauhari (91′), Fajar Fathur Rahman (107′), dan Beckham Putra (120′).

Kesuksesan timnas Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja juga meninggalkan jejak makna spesial bagi Indra Sjafri. (net/dis)

Editor : Yosep