25 radar bogor

Etika Dunia Internet: Jarimu, Harimaumu!

Kegiatan yang diselenggarakan Kemenkominfo bersama DPR RI membahas mengenai ‘Etika Dunia Internet: Jarimu, Harimaumu’.
Kegiatan yang diselenggarakan Kemenkominfo bersama DPR RI membahas mengenai ‘Etika Dunia Internet: Jarimu, Harimaumu’.

BOGOR-RADAR BOGOR, Etika dunia internet terus ditekankan kepada masyarakat, oleh Kementerian Kominfo melalui seminar online. Seperti yang diselenggarakan pada Rabu, 17 Mei 2023.

Dalam kegiatan yang diselenggarakan bersama DPR RI itu membahas mengenai tema ‘Etika Dunia Internet: Jarimu, Harimaumu’. Diikuti puluhan peserta yang terdiri dari berbagai macam elemen masyarakat.

Membahas mengenai tema tersebut, Ketua Dewan Kehormatan PWI Lampung Iskandar Zulkarnain menjelaskan bahwa kecakapan literasi digital mencakup kemampuan untuk menemukan, mengerjakan, mengevaluasi, menggunakan, membuat serta memanfaatkannya dengan bijak, cerdas, cermat, serta tepat sesuai kegunaannya.

Sebab, tantangan literasi digital di Indonesia pun beragam. Seperti arus informasi yang banyak (banjir informasi), peredaran informasi palsu (hoaks), konten negatif dan memecah belah.

Baca juga: Etika Dunia Internet: Jarimu, Harimaumu

“Memahami literasi media dapat menjadikan kita sebagai individu yang “melek media”. Artinya bahwa kita menjadi pribadi yang paham, berpengetahuan luas, mampu menganalisis, menilai, dan mampu untuk berpendapat secara kritis atas informasi atau pesan media yang kita dapat,” beber dia.

Content Creator and Social Media Specialist Vichela Regina Aprillia menambahkan, bahwa bermedia sosial juga memerlukan etika. Penerapan etika dalam bermedia sosial, di antaranya penggunaan komunikasi yang baik, tidak mengandung aksi kekerasan pornografi dan sara, menyampaikan informasi yang benar, menghargai karya orang lain, dan memberikan informasi pribadi sewajarnya.

Dengan mengetahui etika dan bijak dalam bersosial media, dapat membuat kita menjadi tahu batasan dan lebih bertanggung jawab dalam bermedia sosial. “Jangan sampai kita menyesal dengan apa yang kita lakukan di media sosial,” tegas dia.

Sementara itu, Anggota Komisi I DPR Mukhlis mengatakan, ada beberapa hal yang harus di perhatikan ketika kita berinteraksi di dunia maya. Antara lain: menjaga privasi orang lain, menghindari perdebatan, mengusai media sosial.

“Dalam dunia maya, tindakanmu menggambarkan dirimu, jadi pastikan setiap postinganmu memiliki nilai, memberikan manfaat, dan edukatif bagi pembacanya, karena apa pun yang kita posting dapat memengaruhi integritas diri kita,” tutup dia. (ran)