25 radar bogor

59 Rumah Sakit Swasta di Bogor Mulai Terapkan Sistem EMR

Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia atau ARSSI Bogor Raya. (Radar Bogor/Septi Nulawam)

BABAKAN MADANG-RADAR BOGOR, Ketua Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia atau ARSSI Bogor Raya, Yudhy Iskandar menyebut semua rumah sakit swasta di kota dan Kabupaten Bogor telah menerapkan Elektronic Medical Record (EMR).

Transformasi digital di bidang kesehatan ini diharapkan dapat lebih efektif dan efisien dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Baca Juga: Jadi Tersangka Korupsi BTS, Johnny G Plate Dijebloskan ke Rutan Salemba

“Ada 59 rumah sakit swasta di kota dan Kabupaten Bogor yang sudah memakai EMR, tinggal pemantapan dan bertahap untuk bridging ke Kementerian Kesehatan,” ujar Yudhy di Babakan Madang pada Rabu (17/6).

Menurutnya, penerapan EMR di rumah sakit merupakan transformasi kesehatan secara nasional yang dicanangkan Kemenkes.

Tertuang dalam Permenkes Nomor 24 Tahun 2022, penerapan EMR di semua fasilitas layanan kesehatan harus sudah dilakukan per 31 Desember 2023.

“Tujuan dari transformasi ini supaya lebih efektif dan efisien, dengan adanya digital ini salah satu dampaknya lebih akurat dalam pendataan di rumah sakit,” terangnya.

Selain itu lanjut Yudhy, penerapan sistem EMR ini juga dapat mengurangi penggunaan kertas di rumah sakit. Sebab, semua rekam medis akan diinput melalui komputerisasi.

“Dampaknya banyak, dari sisi administratif, sisi legal, medis sendiri, termasuk untuk riset ketika digital data lebih bagus,” ungkapnya.

Kemudian, Wakil Ketua ARSSI Bogor, Tini menambahkan, sistem EMR digunakan untuk pelayanan rawat jalan, rawat inap, farmasi serta pelayanan penunjang di rumah sakit secara keseluruhan.

Baca Juga: Tahun Depan, Pembangunan Lanjutan RSUD Parung Baru Dianggarkan

“Semua data sudah terekap di dalam aplikasi dari komputer tersebut, yang sudah diwajibkan oleh pemerintah. Dan semua rumah sakit di seluruh Indonesia menuju ke sana secara bertahap,” tukasnya.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto