25 radar bogor

Timnas U-22 Siap Habis-habisan Lawan Thailand, Saatnya Rebut Emas

sea games
Selebrasi para pemain Timnas U-22 Indonesa usai menang atas Kamboja. (Kemenpora)

KAMBOJA-RADAR BOGOR, Timnas U-22 Indonesia akan menghadapi Thailand pada final sepakbola SEA Games 2023 Kamboja di Olympic Stadium Phnom Penh, Selasa (16/5/2023) malam pukul 19.30 WIB.

Baca Juga : Final Kami Datang! Timnas U-22 Indonesia Tekuk Vietnam dengan 10 Pemain

Laga ini memang pantas untuk ditunggu oleh pecinta sepak bola. Bagi Indonesia, momen ini bisa dijadikan untuk meredakan rasa haus emas kejuaraan dua tahunan itu, yang sudah tidak didapat selama 32 tahun. Terakhir kali diraih pada SEA Games 1991 Manila.

Sedangkan bagi Thailand, lolosnya ke final ini juga menjadi kesempatan untuk mengembalikan kejayaan setelah dalam dua edisi SEA Games gagal merebut emas. Tim yang berjuluk Gajah Perang muda ini terakhir kali merebut emas pada SEA Games 2017 Malaysia.

Melihat kesempatan yang ada, Timnas U-22 Indonesia jelas tidak akan melepaskan peluang tersebut. Persiapan matang sudah dilakukan oleh tim asuhan Indra Sjafri itu sebelum menjalani laga puncak kejuaraan multievent dua tahunan itu.

“Kami sudah berkomitmen dengan para pemain. Kami akan memberikan yang terbaik atau menjadi game terbaik kita,” kata Indra Sjafri penuh semangat.

Demi meraih hasil maksimal, satu hari menjelang laga krusial ini Timnas U-22 melakukan latihan tertutup di lapangan The Dream Visakha Training Camp Phnom Penh. Kondisi ini jelas digunakan untuk memantapkan strategi melawan Thailand.

Pada laga puncak yang sudah ditunggu-tunggu ini, Timnas U-22 Indonesia dipastikan tidak turun dengan kekuatan penuh karena ada satu pemain yang dipastikan absen yakni Pratama Arhan, yang menjadi kreator dua gol saat Indonesia menang 3-2 atas Vietnam di semifinal.

Pemain yang kini merumput di tim kasta kedua Liga Jepang itu harus absen karena mendapatkan kartu merah saat pertandingan semifinal SEA Games 2023, namun pelatih Indra Sjafri mengaku tidak mempermasalahkan hal tersebut.

Menurut Indra Sjafri, 20 pemain termasuk Pratama Arhan merupakan pesepak bola terbaik Indonesia pada usianya. Dengan demikian, pemain yang dibawa kemampuannya merata dan saat ini semuanya siap diturunkan saat melawan Thailand.

“Termasuk Pratama Arhan kondisinya bagus. Tapi secara regulasi dia tidak bisa main (kartu merah). Jadi, kita berkekuatan 19 pemain, yang semuanya siap diturunkan,” tegas pelatih asal Sumatera Barat itu.

Sejumlah pemain Timnas U-22 sudah siap mengisi posisi Pratama Arhan yang dikenal memiliki lemparan dalam jauh yang mematikan.

Sebut saja nama Haykal Al Hafiz yang sudah menjadi tim inti saat melawan Kamboja di fase Grup A atau bisa mengandalkan Rio Fahmi yang juga tidak kalah jam terbangnya.

Berikut rekor pertemuan Indonesia vs Thailand di final SEA Games:

SEA Games 1991: Indonesia 0-0 (4-3) Thailand (final)
SEA Games 1997: Indonesia 1-1 (2-4) Thailand (final)
SEA Games 2013: Indonesia 0-1 Thailand (final)
SEA Games 2023: Indonesia vs Thailand (final)

(jpg)

Editor : Yosep