25 radar bogor

Sahabat UMKM Pasarkan Produk di Gerai Bintang Jajanan Binamarga

Sahabat UMKM
Foto bersama setelah penandatanganan kerjasama Sahabat UMKM yang lolos korasi untuk mengisi gerai Bintang Jajanan di Hafa Resto dan Cafe, Jalan Pandu Raya. OMER/RADAR BOGOR

BOGOR – RADAR BOGOR, Pasca pandemi, pemulihan ekonomi nasional terus ditingkatkan. Salah satunya melalui Sahabat UMKM yang dibentuk sebagai wadah UMKM di Bogor untuk berkembang dan maju dan masuk pasar nasional.

Baca Juga : Gelar Pre-Launching Gerai Pemasaran, Komunitas Sahabat UMKM Dorong Anggota Naik Kelas

Setelah berjalan beberapa waktu, anggota Sahabat UMKM dapat memasarkan produk-produk mereka di gerai Bintang Jajanan di Sentra Kuliner dan UMKM Binamarga

Founder Sahabat UMKM, Deswaty Diningsih mengatakan Sahabat UMKM dibentuk sebagai salah satu wadah UMKM untuk bangkit, berkembang dan maju bersama. Dan salah satu yang dilakukan yakni membantu memasarkan produk anggota dari Sahabat UMKM.

Nantinya produk dari anggota Sahabat UMKM akan dipasarkan di Gerai Bintang Jajanan di Sentra Kuliner dan UMKM Bogor di kawasan Jalan Bina Marga. Dengan Gerai Bintang Jajanan ini Sahabat UMKM bisa memberikan fasilitas kepada para UMKM untk menitipkan produknya untuk di pasarkan.

Karena sentra kuliner, hanya yang memproduksi makanan atau cemilan saja yang dapat mengisi gerai. Ada 60 pelaku UMKM yang lolos melewati kurasi produk. “Tentunya akan kita dijalankan secara bertahap. Hanya produk makanan, cemilan yang sudah lolos dari tim kurasi,” ungkap Deswaty kepada Radar Bogor, disela kegiatan kemarin.

Kegiatan tersebut, selain penandatanganan perjanjian kerja sama usaha antara pihak UMKM dengan pengelola gerai Bintang Jajanan dan juga osialisai persiapan pembukaan Gerai Bintang Jajanan, pada 24 Mei mendatang. Melalui kurasi juga, Gerai Bintang Jajanan memastikan kualitas nya baik secara legalitas dan perizinan. Gerai Bintang Jajanan menerima produk yang sudah teruji.

Hingga nantinya setelah berjalan, Gerai Bintang Jajanan dapat membangun serta mengembangkan pasar UMKM Kota bogor dengan meningkatkan value produk agar di terima oleh pasar menengah.

Gerai Bintang Jajanan sebagai bentuk dukungan dan upaya mendorong kemajuan UMKM naik kelas baik, kualitas maupun kuantitas. Selain menjadi pendorong pertumbuhan perekonomian, Sahabat UMKM juga dibentuk mendukung pemerintah dalam meningkatkan UMKM.

“Sahabat UMKM untuk membantu naik kelas, baik dari kualitas, kuantitas termasuk produk-produknya,” ungkap wanita yang juga aktif diberbagai organisasi pengusaha ini.

Hingga UMKM yang tergabung di Sahabat UMKM ini mampu meningkatkan kualitas. Untuk mendorong UMKM agar terus meningkat dan naik kelas perlu kerja sama seluruh pihak. Dari awal, mendukung tujuan Sahabat UMKM dibentuk, akan dilakukan berbagai program dan kegiatan.

Di antaranya, akan tetap dilakukan pelatihan atau trading sesuai produk, pendampingan dari pengusaha yang sudah sukses dan maju. Selain itu, mereka akan terus didampingi untuk melengkapi berbagai kebutuhan mereka sebagai pelaku usaha seperti berbagai surat perizinan. Melalui wadah Sahabat UMKM, nantinya mereka akan dibantu memperluas jaringan untuk membantu pembiayaan, pemasaran produk dan lainnya. (mer)

Editor : Yosep