25 radar bogor

PMI Kota Bogor Latih Mahasiswa Hadapi Situasi Darurat

BOGOR-RADAR BOGOR, PMI Kota Bogor menggelar pelatihan pertolongan pertama pada situasi darurat pada mahasiswa Universitas Tazkia.

Baca Juga : Identifikasi Risiko Kesehatan, PMI Kota Bogor Lakukan Pemetaan di Empat Kelurahan

Pelatih pertolongan pertama tingkat kota di PMI Kota Bogor, Indra Kurniawan menjelaskan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa Universitas Tazkia dalam memahami pertolongan pertama dan bantuan hidup dasar.

Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Peduli Sosial itu diajarkan teknik-teknik pertolongan pertama.

Diantaranya cara memberikan pertolongan pertama dan bantuan hidup dasar resusitasi jantung paru (RJP), penanganan luka, patah tulang, dan pertolongan lainnya.

“Pertolongan pertama sangat penting dilaksanakan agar kita dapat melakukan tindakan medis dasar untuk menolong korban atau penderita dengan tepat dan cepat. Tujuan pertolongan pertama adalah untuk menyelamatkan jiwa atau nyawa korban, mencegah cacat, dan memberikan rasa nyaman dan aman,” jelasnya pada Senin (15/5/2023).

Ia berharap pelatihan dari PMI Kota Bogor ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik bagi mahasiswa Universitas Tazkia dalam memberikan bantuan pada situasi darurat.

Ketua Panitia Pelaksana, Yuda Saputra Ramadhan, berepndapat kegiatan ini sangat penting karena mahasiswa juga bisa menjadi pihak pertama yang memberikan bantuan dalam situasi darurat.

“Pelatihan ini bisa membekali kami dengan keterampilan yang diperlukan untuk memberikan pertolongan pertama yang efektif dan tepat waktu, sehingga dapat membantu menyelamatkan nyawa seseorang,” ucapnya.

Yuda berharap, kegiatan pelatihan pertolongan pertama yang digelar PMI Kota Bogor dapat memberikan manfaat bagi mahasiswa dalam kehidupan sehari-hari dan diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi situasi darurat. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep