25 radar bogor

Kota Bogor Dilanda 700 Bencana, Dedie Minta Jajarannya Bekerja Keras

bencana pohon tumbang
Bencana pohon tumbang di Kota Bogor akibat hujan deras yang mengguyur Selasa (6/9/2022) sore.

BOGOR-RADAR BOGOR, Tingginya angka bencana yang terjadi, membuat Kota Bogor perlu bergerak lebih keras dalam pencegahan bencana. Hal itu pula yang disoroti Wakil Wali Kota Bogor, Dedie Rachim di momen Hari Kesiapsiagaan Bencana Tingkat Kota Bogor pada Senin (15/5/2023).

Baca Juga : Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Kota Bogor Dilanda Bencana

Dedie menyebut, sejak tahun 2020, Kota Bogor dihadapkan 700-800 bencana setiap tahunnya. Mulai dari banjir lintasan, angin kencang, longsor, dan rumah ambruk. Fenomena ini pun menimbulkan korban luka bahkan jiwa.

Untuk mencegah kejadian yang sama kembali terulang, Dedie meminta jajarannya untuk tegas terhadap titik-titik rawan bencana.

“Mestinya proses mitigasi bisa diakukan dari tingkat kelurahan. RT, RW, Lurah, Camat harus bisa mengedukasi warga supaya mencegah timbulnya korban jiwa maupun harta benda,” ucapnya.

Dedie menilai, tindak tegas perlu ditegakkan pada bangunan-bangunan yang berdiri di atas turap dan bantaran sungai. Ia pun meminta masyarakat untuk peduli dan berhenti membuang sampah ke sungai.

Dampak bencana juga berimbas pada terkurasnya tenaga, pikiran, bahkan anggaran. Jika pencegahan tidak dilakukan mala penanganan bencana disebutnya akan membebani APBD.

“Tahun ini menyiapkan 50 tempat tinggal untuk korban bencana berupa tempat relokasi. Namun ke depan jika tidak dicegah kita harus menyiapkan (lagi) tempat relokasi tersebut,” bebernya. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep