25 radar bogor

Hari Kesiapsiagaan Bencana, Personel BPBD dan Damkar Unjuk Gigi Pamer Skill

Bencana
Aksi petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Peyelamatan (DPKP) Kota Bogor di halaman Balai Kota Bogor, Senin (15/5/2023).

BOGOR-RADAR BOGOR, Suasana berbeda tampak di Halaman Balai Kota Bogor pada Senin (15/5/2023). Kawasan ini menjadi arena simulasi dan pameran alat-alat canggih penanganan berbagai bencana.

Sejumlah penampilan dipertontonkan personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Pemadam Kebakaran dan Peyelamatan (DPKP) Kota Bogor. Aksi ini ditampilkan dalam upacara peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana tingkat Kota Bogor.

Penyemprotan air armada baru DPKP menjadi pembuka pertunjukan pagi itu. Mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) menyemprotkan air begitu tinggi ke langit dengan berbagai mode bak air mancur.

Baca Juga : Kota Bogor Dilanda 700 Bencana, Dedie Minta Jajarannya Bekerja Keras

Pertunjukkan selanjutnya ialah, simulasi evakuasi korban bencana dari ketinggian. Personel gabungan ini mengevakuasi korban dengan tali yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat meluncurkan korban dengan cepat dan aman.

Rentetan penampilan itu kemudian ditutup dengan atraksi simulasi Kelurahan Tangguh Bencana memotong dahan-dahan pohon yang tumbang akibat angin kencang.

Para personel Kelurahan Tangguh Bencana ini merupakan masyarakat hasil pendampingan sehingga terampil dan dapat turut serta dalam penanganan bencana.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor, Teofilo Patrocinio Freitas mengatakan penanganan bencana memang tidak dapat hanya dilakukan oleh satu dinas saja, melainkan bersama-sama secara lintas sektoral. Termasuk TNI, Polri, hingga unsur masyarakat.

Di kesempatan itu, dirinya berpesan agar masyarakat peduli pada potensi bencana yang ada di wilayahnya masing-masing sehingga dapat terhindar dari dampak yang terjadi.

“Simulasi tadi merupakan upaya kami saat evakuasi korban bencana yang tidak memungkinkan dilakukan dengan jalur darat. Kota ini kerap diguncang bencana gempa dang longsor sehingga berbagai upaya perlu disiapkan,” jelas Theo. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep