25 radar bogor

Diikuti 33 Film Pendek, Festfiction Jadi Festival Film Pelajar Perdana di Kota Bogor

Festfiction
Setelah menjalani serangkaian seleksi dan penjurian, Festfiction akhirnya masuk di tahap puncak yakni penganugerahan juara pada Senin (15/5) di Boxies 123 Mall Bogor. REKA/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Pelajar kelas 12 jurusan Multimedia SMKN 1 Kota Bogor, menghelat festival film pelajar perdana di Kota Bogor. Acara bertajuk Festival Film Pelajaran Action atau disingkat Festfiction ini sudah berlangsung sejak Maret lalu.

Baca Juga : Alumni SMEA-SMKN 1 Bogor Gelar Reuni Akbar Lintas Angkatan

Gelaran yang diikuti sebanyak 33 film pendek dari seluruh wilayah Indonesia. Tak hanya dari Bogor para peserta juga datang dari wilayah Jadetabek, Provinsi Jawa Tengah, Sulawesi, dan Bangka Belitung.

Setelah menjalani serangkaian seleksi dan penjurian, Festfiction akhirnya masuk di tahap puncak yakni penganugerahan juara pada Senin (15/5) di Boxies 123 Mall Bogor.

Ketua Panitia Acara Festfiction, Sauzan Salsabila menyebut deretan film pendek yang masuk 3 besar antara lain Film pendek Ultimatum karya SMAN 1 Ciawi Gebang, 1000 Hari Tiada Tangisan di Surga karya SMAN 1 Magetan, dan Pehako Abok karya SMKN 2 Koba.

“Selain itu kami juga memberikan apresiasi pada sutradara, aktor, dan penata rias terbaik dalam lomba film pendek ini,” imbuh dia.

Ia menjelaskan, Festfiction digelar dengan tujuan memberikan wadah para pelajar sehingga dapat menyalurkan bakat dan mempertontonkan hasil karyanya secara luas kepada masyarakat. Hal itu dinilainya penting, karena dapat memotivasi dan menginspirasi pelajar agar terus semangat untuk berkarya.

Sauzan bersyukur festival film pelajar perdana ini berhasil digarap. Sebab menurutnya, selama ini para pelajar harus bersaing bersama para mahasiswa yang tentu memiliki kemampuan yang lebih di atas para pelajar.

Dirinya berharap, Festficton dapat terus dilaksanakan setiap tahun sehingga bisa semakin mengembangkan kemampuan para pelajar di bidang perfilman. “Kami juga ingin minat masyarakat Indonesia terhadap film pendek terus meningkat,” imbuh dia.

Selain pengumuman juara lomba, puncak penganugerahan juga diisi dengan workshop dan talkshow bersama Sutradara Sinetron Preman Pensiun Lakamayus dan Penulis Film, Aisyah Amirah Nasution. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep